CONTOH PENERAPAN SIKAP DAN PERILAKU BELA NEGARA

Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat sikap dan perilaku bela negara. Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh penerapan sikap dan perilaku bela negara. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

CONTOH PENERAPAN SIKAP DAN PERILAKU BELA NEGARA

Bela negara yang dimaksud merupakan sikap tegas, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni:

  • Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
  • Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Menurut artikel yang ditulis Wikipedia, bela negara yaitu sikap ataupun tingkah warga negara yang dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan juga UUD 1945 untuk menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara secara utuhnya.

Baca Juga : PENGERTIAN BELA NEGARA BESERTA TUJUAN, FUNGSI, DAN MANFAAT BELA NEGARA

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha dan upaya pembelaan negara sesuai dengan dasar hukum bela negara diatas. Kesadaran bela negara sendiri hakikatnya merupakan kesediaan berbakti terhadap negara dan juga kesediaan berkorban dalam membela negara.

Jenis-jenis upaya dan usaha bela negara amatlah luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari dengan menciptakan hubungan baik antar warga negara hingga penangkalan ancaman yang bersifat nyata dari musuh bersenjata. Dalam bela negara pun memiliki beberapa unsu-unsur dasar yakni sebagai berikut:

a.    Cinta tanah air.
b.    Kesadaran berbangsa dan bernegara.
c.    Keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara.
d.    Rela berkorban demi bangsa dan negara.
e.    Memiliki kemampuan dasar bela negara.

Pemerintah Indonesia sekarang ini sedang menjalankan program pelatihan Bela Negara yang terbuka bagi semua lapisan masyarakat. Pada tanggal 22 Oktober 2015, Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu melakukan peresmian pembukaan program bela negara. Program itu dimaksudkan untuk memperteguh keyakinan berdasarkan 5 unsur dasar di atas, dan program ini pun bukanlah sebuah bentuk seperti wajib militer.

Pada tanggal 23 Februari 2016, Menhan Ryamizard Ryacudu kembali melakukan persemian peluncuran Situs web resmi untuk Bela negara (portal belanegara). Portal ini bertujuan agar bisa menjadi salah satu sumber penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai program Bela Negara, dan masyarakat pun dapat memberikan saran serts masukan di portal tersebut.

Berikut ialah beberapa contoh bela negara dalam kehidupan sehari-hari di zaman sekarang di berbagai lingkungan:

a.    Menciptakan suasana rukun, damai, dan juga harmonis dalam keluarga. (lingkungan keluarga)
b.    Membentuk keluarga yang memiliki kesadaran hukum (lingkungan keluarga)
c.    Meningkatkan iman dan juga takwa dan iptek (lingkungan sekolah)
d.    Kesadaran untuk menaati tata tertib yang ada di sekolah (lingkungan sekolah)
e.   Menciptakan suasana rukun, damai, dan aman dalam kehidupan bermasyarakat (lingkungan masyarakat)
f.    Menjaga keamanan lingkungan secara bersama-sama (lingkungan masyarakat)
g.    Menaati peraturan hukum yang berlaku (lingkungan negara)
h.    Membayar pajak tepat waktu (lingkungan negara)

Demikian penjelasan mengenai CONTOH PENERAPAN SIKAP DAN PERILAKU BELA NEGARA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: