SISTEM DAN ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN WANITA

Sistem reproduksi pada manusia akan mulai berfungsi ketika seseorang mengalami pubertas. Pada seorang pria, ditandai dengan testis yang telah mampu menghasilkan sel kelamin jantan (sperma) dan hormon testoseron yang berfungsi memengaruhi timbulnya tanda-tanda kelamin sekunder pada pria.

Tanda tersebut, takni suara yang berubah menjadi lebih besar; tumbuhnya rambut ditempat tertentu, misalnya jambang, kumis dan jenggot; dada tumbuh menjadi bidang; serta jakun membesar.

Adapun pada wanita, ditandai dengan matangnya sel telur (ovum) dan hormon estrogen yang berfungsi memengaruhi timbulnya tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita. Tanda tersebut yakni suara menjadi lebih tinggi, tumbuhnya payudara dan pinggul membesar.

Reproduksi pada manusia tergolong reproduksi seksual yang melibatkan induk jantan dan induk betina. Dalam sistem reproduksi manusia, tiap-tiap induk mempunyai organ reproduksi.

1.      Organ reproduksi pria
Organ reproduksi pria berfungsi menghasilkan gamet jantan, yakni spermatozoa (sperma). Organ reproduksi pria dibedakan menjadi dua bagian, yakni organ reproduksi dalam dan luar.

SISTEM DAN ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN WANITA


a.       Organ reproduksi dalam
Organ reproduksi dalam pria terdiri atas testis, saluran pengeluaran (duktus ekskretorius), dan kelenjar kelamin. Testis berjumlah sepasang dan berbentuk oval. Di dalam teknis terdapat tubulus seminiferus yang berfungsi menghasilkan sel-sel sperma.
Saluran pengeluaran (duktus ekskretorius), terdiri atas:
1)      Vas eferens, merupakan saluran penghubung tubulus seminiferus dengan epididimis.
2)      Epididimis, merupakan saluran berkelok-kelok  yang berfungsi sebagai penyimpan sperma sampai sperma matang.
3)      Vas deferens, merupakan saluran lanjutan epididimis.
4)      Saluran ejakulatorius atau saluran pemancaran, terdiri dari sepasang dan merupakan bagian dari vas deferens yang berfungsi memancarkan semen ke uretra.

Adapun kelenjar kelamin, terdiri atas:
1)      Vesika seminalus atau saluran mani, merupakan kelenjar yang berkelok-kelok dan terletak di belakang kandung kemih. Kelenjar ini menghasilkan cairan yang pekat berwarna kuning, mengandung makanan yang merupakan sumber energi guna pergerakan sperma.
2)      Kelenjar prostat, merupakan kelenjar penghasil semen terbesar, bersifat encer dan berwarna putih, berisi makanan sperma.
3)      Kelenjar Cowpery atau glandula bulbouretralis. Kelenjar ini terdapat di sepanjang uretra, berfungsi mensekresi cairan lendir bening yang menetralkan cairan urine yang bersifat asam yang tertinggal pada uretra.

b.      Organ reproduksi luar
Organ reproduksi luar pada laki-laki meliputi penis dan skrotum. Penis merupakan organ untuk menyalurkan sperma ke dalam vagina. Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran sperma dan urine.
Adapun skrotum (kantong zakar) merupakan kantong yang didalamnya berisi tesitis. Skrotum berjumlah sepasang, yang dibatasi oleh sekat yang berupa jaringan ikat dan otot polos.
2.      Organ reproduksi wanita
Organ reproduksi wanita terdiri atas organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar. Organ reproduksi dalam terdiri atas ovarium, oviduk, uterus dan vagina.

SISTEM DAN ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN WANITA


a.       Ovarium, berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur dan hormon esterogen dan progesteron.
b.      Oviduk atau tuba Fallopi, berfungsi menyalurkan sel telur dari ovarium menuju rahim. Saluran ini juga merupakan tempat terjadinya fertilisasi (pembuahan).
c.       Uterus, berfungsi memberik tempat untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.
d.      Vagina, berbentuk saluran yang berlapis otot yang membujur ke arah belakang dan atas.

Organ reproduksi luar, terdiri atas:
a.       Labia mayor (bibir luar vagina yang tampak tebal) berlapisan lemak.
b.      Labia minor (bibir kecuil) yakni sepasang lipatan kulit halus, tipis serta tidak dilapisi lemak.
c.       Klitoris, tonjolan kecil.
d.      Orificium urethrae (muara saluran kencing).
e.       Hymen (himen atau selaput dara)



Demikian penjelasan mengenai SISTEM DAN ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN WANITA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: