REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN

Perkembangbiakan atau reproduksi ialah usaha makhluk hidup untuk memperbanyak diri agar jenis ataupun spesiaesnya tidak mengalami kepunahan dan mewariskan sifat pada keturunannya.

1.      Reproduksi pada tumbuhan
Tumbuhan dapat melakukan reproduksi atau perkembang biakan dengan dua cara, yakni secara generatif dan vegetatif.

a.      Reproduksi generatif

REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN


Reproduksi generatif ialah perkembangbiakan tumbuhan melalui proses penyerbukan. Reproduksi ini melibatkan alat perkembangbiakan, yakni bunga. Perkembangbiakan  dimulai dengan terjadinya peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina membentuk zigot yang berlangsung di dalam kandung lembaga dalam bakal biji.

b.      Reproduksi vegetatif
Reproduksi vegetatif ialah perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan alat perkembangbiakan (bunga). Perkembangbiakan vegetatif bisa terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia secara buatan dengan campur tangan manusia.

1)      Perkembangbiakan vegetatif alami

REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN


a)      Umbi lapis, ialah tunas yang mengalami “modifikasi” terdiri atas batang yang sangat pendek, dibungkus oleh daun-daun yang berdaging, dan menyerupai sisik. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis ialah bawang merah, bawang putih dan bakung.



b)      Rhizoma (rimpang), ialah akar yang yang tumbuh mendatar dan terletak di bawah permukaan tanah. Tanaman yang berkmebang biak dengan rhizoma antara lain, tanaman lengkuas, kunyit, sansiviera dan temu lawak.

REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN


c)      Geragih (stolon), ialah batang yang tumbuh menjalar di atas atau di bawah permukaan tanah. Pada geragih terdapat buku-buku dengan tunas-tunas yang bisa tumbuh menjadi organisme baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih ialah pegagan dan arbei (geragih tumbuh menjalar di atas tanah), serta rumput teki (geragih tumbuh di bawah permukaan tanah).

REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN


d)     Tunas adventif, ialah tunas yang tumbuh bukan pada ujung batang ataupun ketiak daun. Contoh tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan dengan tunas adventif ialah cocor bebek, kesemek dan sukun

2)      Perkembangbiakan vegetatif buatan



a)      Merunduk, dilakukan dengan cara membengkokan batang atau cabang tanaman ke arah bawah sampai menyentuh tanah. Di bagian yang menyentuh tanah dibuat goresan, kemudian ditimbun tanah.
b)      Setek, dilakukan dengan cara menumbuhkan bagian atau potongan tanaman sehingga menjadi tanaman baru.
c)      Menempel (okulasi), dilakukan dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman ke tanaman lain yang sejenis.
d)     Mencangkok, ialah cara untuk menumbuhkan akar pada cabang atau ranting tanaman.

2.      Reproduksi pada hewan
Seperti halnya pada tumbuhan, reproduksi pada hewan juga dpat dilakukan dengan dua cara, yakni secara generatif dan vegetatif.

a.      Reproduksi generatif
Perkembangbiakan generatif ialah terbentuknya individu baru melalui peristiwa pembuahan, yakni peleburan sel sperma dan ovum membentuk zigot. Sel-sel kelamin dihasilkan oleh alat-alat perkembangbiakan. Pada beberapa hewan tingkat rendah, satu individu memiliki alat kelamin jantan dan alat kemain betina sekaligus. Individu yang demikian disebut hermaprodit, contohnya cacing tanah, cacing pita dan siput.
Terdapat dua jenis pembuahan pada hewan, yakni:



1)      Pembuahan di luar tubuh (fertiliasi eksternal), misalnya pembuahan pada ikan dan katak.
2)      Pembuahan di dalam tubuh (fertiliasi internal), misalnya pada reptilia, burung dan mamalia.

b.      Reproduksi vegetatif
Perkembangbiakan vegetatif ialah terbentuknya individu baru tanpa melalui peleburan sel sperma dan ovum. Individu keturunannya akan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Berikut ini macam-macam perkembangbiakan vegetatif pada hewan.

REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN


1)      Fragmentasi, merupakan cara perkembangbiakan dengan pemutusan bagian tubuh, misalnya dengan cacing Planaria.
2)      Partenogenesis, merupakan terbentuknya individu baru dari ovum tanpa melalui pembuahan pembuahan (fertilisasi). Hewan yang melakukan partenogenesis, antara lain kadal padang pasir, belalang dan kutu daun.
3)      Pembentukan kuncup, merupakan perkembangbiakan dengan cara membentuk kuncup pada bagian tubuh hewan. Contoh pada Hydra dan Anemon laut.


Demikian penjelasan mengenai REPRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: