PERANAN PASAR DAN HUBUNGAN PASAR DENGAN DISTRIBUSI

Pasar mempunyai peranan yang amat penting bagi perekonomian. Berikut ini beberapa peranan pasar.


PERANAN PASAR DAN HUBUNGAN PASAR DENGAN DISTRIBUSI

1.      Bagi produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen, yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi serta dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan ataupun memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu, produsen juga dapat memperoleh barang atau jasa yang akan digunakan untuk keperluan proses produksi.

2.      Bagi konsumen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi konsumen, karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan makin mudah memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

3.      Bagi pembangunan
Peranan pasar bagi pembangunan ialah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang dilakukan. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar pun dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

4.      Bagi sumber daya manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar pula tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangu pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.


Pasar merupakan bagian dari kegiatan distribusi yang berfungsi menyalurkan atau menyampaikan barang dari produsen untuk konsumen melalui para pedagang. Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk dikonsumsi sendiri, namun perlu disebarluaskan kepada masyarakat umum. Pasar dalam kegiatan distribusi memiliki peranan yang cukup penting.
Berikut ini hubungan ataupun kaitan antara pasar dan distribusi:

1.      Terciptanya harga barang yang relatif stabil
Dengan adanya pasar dan distribusi, barang-barang dapat disalurkan sesuai kebutuhan konsumen tersebut. Proses penyaluran akan membuat harga-harga relatif stabil dan terkendali.
Apabila barang-barang yang dibutuhkan konsumen menumpuk di gudang-gudang produsen, maka konsumen akan kesulitan mendapatkanbarang yang dibutuhkan. Hal itu akan membuat harga barang-barang tersebut naik, sehingga akan merugikan konsumen.

2.      Mempermudah konsumen melakukan konsumsi
Dengan adanya pasar dan distribusi, barang atau jasa yang dihasilkan dalam kegiatan produksi dapat dinikmati konsumen. Adanya pasar tradisional maupun pasar modern, baik di kota maupun di daerah pedesaan membuat konsumen akan lebih mudah mendapatkan barang dan jasa.

3.      Produsen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya
Bagi produsen, berlangsungnya kegiatan pasar serta distribusi yang sehat akan bisa mempertahankan penjualan hasil produksinya dengan stabil. Hal itu tentu saja menjamin keuntungan optimal yang diperolehnya setiap saat.

4.      Meningkatkan penjualan dan efisiensi perusahaan
Bagi produsen, kegiatan pasar dan distribusi akan menaikkan tingkat penjualan hasil produksinya. Naiknya tingkat penjualan akan membuat perusahaan terus berupaya memproduksi barang ataupun jasa yang menjadi kebutuhan konsumen dengan baik dan tepat waktu.

Adapun fungsi keterkaitan antara pasar dan distribusi, sebagai berikut:
1.      Fungsi penyediaan fisik
Fungsi ini menyangkut pemindahan barang secara fisik dari produsen ke konsumen akhir. Fungsi ini meliputi pengumpulan, penyimpanan, pemilihan dan pengangkutan barang.

2.      Fungsi pertukaran
Dalam fungsi pertukaran, pasar dan distribusi berperan memilih barang ataupun jasa yang akan ditawarkan (dijual), agar penjualan berikutnya dapat dilakukan dengan harga, pelayanan, dan kualitas yang disenangi konsumen. Fungsi pertukaran ini termasuk juga mengurangi dan menghindari risiko dalam penjualan barang atau jasa.

3.      Fungsi penunjang
Fungsi ini membantu atau melengkapi fungsi pertukaran dan fungsi penyediaan fisik agar terlaksana dengan baik. Kegiatan fungsi penunjang meliputi pelayanan sesudah pembelian atau pelayanan purnajual, penyebaran informasi agar barang atau jasa lebih dikenal oleh masyarakat dan juga masalah pembelanjaan.


Demikian penjelasan mengenai PERANAN PASAR DAN HUBUNGAN PASAR DENGAN DISTRIBUSI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: