PENGERTIAN, SEJARAH DAN MANFAAT INTERNET

1.      Pengertian Internet
Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking atau interconnected network yang berasal dari bahasa Inggris. Internet ialah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan terkoneksi dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protokol yang disingkat TCP/IP yang berfungsi sebagai protokol pertukaran paket guna melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Internet berarti jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon ataupun satelit.

Internet juga bisa diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka serta menghubungkan jutaan atau bahkan miliaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis , dengan menggunakan berbagai jenis komunikasi, seperti telepon, satelit dan lain-lain.

PENGERTIAN, SEJARAH DAN MANFAAT INTERNET

2.      Sejarah Internet
Internet pada awalnya merupakan sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Internet terbentuk melalui proyek ARPA yang disebut juga ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Saat itu mereka mendemonstrasikan bagaimana cara kita dengan menggunakan hardware dan software dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang tak terhingga dengan memanfaatkan saluran telepon.

Dalam proyek ARPANET ini, dirancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi bisa dipindahkan dan pada akhirnya standar tersebut menjadi cikal bakal terbentuknya protokol TCP/IP.

Tujuan awal proyek ini ialah guna kepentingan militer. Pada masa itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk sistem jaringan komputer yang tersebar dengan cara menghubungkan komputer di daerah-daerah vital guna mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir serta untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang kalau terjadi perang bisa dengan mudah dihancurkan.

Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yakni Stanford Research Institute, University of Utah, University of California, dan Santa Barbara. Tidak lama setelah itu proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, serta universitas di negara itu ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh karena itu, ARPANET dipecah menjadi dua, yakni “MILNET” untuk keperluan militer serta “ARPANET” baru yang yang lebih kecil untuk keperluan non-militer misalnya universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet, yang lalu disederhanakan menjadi Internet.


3.      Fungsi dan manfaat Internet
Internet memiliki beberapa fungsi ialah sebagai berikut:
a.       Sebagai salah satu tempat guna akses informasi.
b.      Sebagai media komunikasi.
c.       Berbagi sumber daya ataupun data.
d.      Bisa menyiarkan serta mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data dengan internet online ke seluruh dunia.

Internet pun memiliki manfaat antara lain sebagai berikut:
a.       Komunikasi cepat
b.      Internet sebagai wahana liburan
c.       Menambah wawasan dan pengetahuan
d.      Mudahnya belanja di internet
e.       Internet dalam bisnis
f.       Tempat mencari lowongan kerja

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN, SEJARAHDAN MANFAAT INTERNET, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: