PENGERTIAN POLITIK, PERILAKU POLITIK DAN MACAM-MACAM SISTEM POLITIK

1.      Pengertian Politik
Kata politik diambil dari bahasa Yunan yakni polis yang artinya negara ataupun kota serta kata teta yang artinya urusan. Politik awalnya diperkenalkan dan digunakan oleh Aristoteles yang mana kata politik pada masa itu Aristoteles menyebutnya dengan kata Zoon Politikon.

PENGERTIAN POLITIK, PERILAKU POLITIK DAN MACAM-MACAM SISTEM POLITIK


Dari kata Zoon Politikon lalu kemudian terus berkembang menjadi polites, politeia, politika dan politikos. Polites berarti warga negara. Politeia berarti hal-hal yang berhubungan dengan suatu negara. Politika berarti pemerintahan suatu negara. Politikos berarti kewarganegaraan. Jadi, politik dapat diartikan sesuatu yang menyangkut dengan urusan negara serta pemerintahan.

Politik ialah pembentukan serta pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud pada proses pembuatan keputusan, terkhusus bagi negara. Pengertian politik apabila jika ditinjau dari kepentingan penggunanya dimana pengertian politik dibagi menjadi dua yakni pengertian politik dalam artian  kepentingan umum serta pengertian politik dalam artian kebijaksanaan.

Pengertian politik dalam arti kepentingan umum ialah segala usaha demi kepentingan umum  baik yang ada dibawah kekuasaan negara maupun pada daerah. Pengertian politik sederhananya ialah suatu metode ataupun teknik dalam memengaruhi individu lainnya. Orang yang yang melakukan kegiatan politik disebut sebagai Politikus.

Berikut ialah beberapa pengertian politik menurut para ahli:
a.       Aristoteles, berpendapat bahwa pengertian politik ialah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
b.      Joice Mitchel, berpendapat bahwa pengertian politik ialah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum masyarakat seluruhnya.
c.       Prof. Meriam Budhiarjo, berpendapat bahwa pengertian politik ialah macam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.
d.      Johan Kaspar Blunchli, berpendapat bahwa pengertian politik ialah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.
e.       F. Soltau, berpendapat bahwa pengertian politik ialah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu.
f.       Robert, berpendapat bahwa pengertian politik ialah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia.
g.      Paul Janet, berpendapat bahwa pengertian politik ialah ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.
h.      Ibnu Aqil, berpendapat bahwa pengertian politik ialah hal-hal praktis yang mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.
i.        Litre, berpendapat bahwa pengertian politik ialah ilmu memerintah dan mengatur negara.


2.      Perilaku Politik
Perilaku politik ialah perilaku yang ditunjukkan oleh suatu individu maupun kelompok untuk hak dan juga kewajibannya sebagai seorang politikus. Berikut ialah beberapa contoh perilaku politik:

a.       Ikut serta dalam berbagai kegiatan politik.
b.      Mengikuti jalannya pemilu.
c.       Mengikuti berbagai kegiatan keorganisasian.
d.      Berani dalam mengemukakan pendapat di depan umum.
e.       Memberikan kritik dan saran pada para politikus dengan bertanggung jawab.

3.      Macam-macam Sistem Politik
Setiap negara di seluruh dunia memiliki beragam macam sistem politik yang mereka anut, diantara lain:


a.       Fasisme,
b.      Federalisme,
c.       Demokrasi,
d.      Komunisme,
e.       Liberalisme,
f.       Marxisme,
g.      Globalisme,
h.      Imperialisme,
i.        Kapitalisme,
j.        Dan lain-lain



Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN POLITIK, PERILAKU POLITIK DAN MACAM-MACAM SISTEM POLITIK, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: