PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN

PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN - Kebutuhan manusia sangat banyak bahkan bisa dikatakan tidak terbatas, namu  alat pemenuhan kebutuhan terbatas jumlahnya dan sebagian tidak cukup memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Menurut ilmu ekonomi, keterbatasan sumber daya untuk menghasilkan barang atau saja disebut kelangkaan. Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna yaitu :
a.       Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.
b.      Terbatas, dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.


Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan
            Manusia memiliki kebutuhan yang beranekaragam dan selalu bertambah. Oleh karena itu, perlu diciptakan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa. Kelangkaan bukan hanya sekedar sulit diperoleh atau ditemukan, tetapi kelangkaan juga bisa diartikan alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Adapun Faktor-Faktor Penyebab terjadinya kelangkaan, yaitu :
a.       Faktor Manusia, antara lain :
1.      Pertambahan dan perkembangan penduduk yang sangat cepat
2.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Perubaha taraf hidup membuat manusia lebih bersifat konsumtif.
4.      Makin berkembangnya sarana dan prasarana kehidupan.

b.      Faktor Alam, antara lain :
1.      Tanah jumlahnya sangat terbatas, sedangkan kebutuhan terus meningkat.
2.      Sumber daya alam, baik di biotik maupun abiotik jumlahnya terus menurun.
3.      Kurang bijaksana (ceroboh) di dalam mengelola sumber daya alam.

PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN



Kelangkaan Sumber Daya
            Sumber daya yaitu bahan atau keadaan yang bisa digunakan manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya. Sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal merupakan sumber daya ekonomi. Sumber daya ekonomi dikelola sumber daya kewirausahaan.

a.      Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang berasal dari alam. Contohnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan, barang tambang, air, dan tanah. Meskipun jumlahnya melimpah, persediaan sumber daya alam tetap terbatas jika dibandingkan dengan besarnya kebutuhan manusia akan sumber daya alam tersebut.

            Jika tidak diatus pemanfaatannya, persediaan alam akan terkuras atau bahkan akan cepat habis. Sebagai contoh, kebijakan pemerintah mengonversikan penggunaan minyak tanah menggunakan gas elpiji yang disebabkan kelangkaan minyak tanah yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Contoh lain, kelangkaan air bersih pada musim kemarau ataupun saat terjadi merupakan akibat dari bencana alam.


b.      Sumber Daya Manusia
Disebut juga sumber tenaga kerja. Sumber daya manusia ini tidak kalah pentingnya dengan sumber daya alam. Tanpa adanya sumber daya manusia, maka sumber daya alam tidak akan dapat dikelola dengan baik. Kelangkaan sumber daya manusia, berarti sulitnya ditemukan manusia yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keahlian yang mampu menjalankan kegiatan ekonomi. Untuk mengatasi masalah kelangkaan tersebut.

            Manusia dituntut untuk meningkatkan kemampuan pikirnya, yaitu dengan meningkatkan pendidikan, pengetahuan, wawasan, keahlian, dan penguasaan teknologi, sehingga menjadi tenaga kerja yang terdidik dan memiliki keterampilan.

c.       Sumber Daya Modal
Modal yaitu segala benda atau alat yang bisa dipakai untuk meningkatkan hasil produksi atay yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses produksi. Sumber daya modal meliputi teknologi, peralatan, inforasi, dan fasilitas fisik. Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia. Modal dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1)      Menurut wujudnya, modal merupakan dana yang bisa digunakan untuk membeli sarana, alat, dan bahan yang dipergunakan dalam produksi.
a)      Barang, merupakan alat yang bisa dipergunakan untuk proses produksi. Contoh : tanah, gedung, mesin, dan alat transportasi,
b)      Uang, Merupakan dana yang dapat dipergunakan untuk membeli sarana, alat, dan bahan yang dipergunakan dalam produksi.
2)      Menurut sifatnya, modal dikelompokkan sebagai berikut :
a)      Modal tetal, adalah modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali masa produksi. Contoh : gedung dan mesin.
b)      Modal lancar, adalah modal yang hanya sekali dipakai salam proses produksi langsung habis. Contoh: Bahan baku seperti kapas untuk membuat kain, gandum untuk membuat kue, dan lain sebagainya.
3)      Menurut Subnyeknya, modal dikelompokkan sebgai berikut:
a)      Modal perorangan, merupakan modal yang dimiliki  satu orang. Contohnya: sewa tanah, upah, dan bunga deposito.
b)      Modal kemasyarakat, merupakan modal yang berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Contoh : Jalan, jembatan, dan sekolah.

d.      Sumber Daya Kewirusahaan
Merupakan sumber daya yang dimiliki oleh manusia tertentu yang digunakan untuk mengelola ketiga sumber daya, mistar gawang. Manusia, dan dampak melalui pengusaha sebagai pengelola ketiga sumber daya tersebut akan mampu dihasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen. Pengusaha adalah pemilik badan usaha yang melakukan kegiatan produksi dengan jiwa kewirausahaannya.

            Semakin mampu mengelola secara efisien dengan menggabungkan beberapa sumber daya, semakin besar kemungkinan untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih besar. Keempat sumber daya di atas sering disebut faktor-faktor produksi. Faktor produksi ini termasuk pada pengertian langka, namun dapat digunakan dalam beberapa alternatif untuk menghasilkan barang dan jasa dengan mengobinasikan sumber daya-sumber daya tersebut.

4.      Usaha Manusia Untuk Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya
      Kebutuhan hidup manusia tidak terbatas, beraneka ragam dan berlangsung terus menerus. Artinya, apabila satu kebutuhan dapat dipenuhi, maka akan muncul kebutuhan yang lainnya. Hal tersebut dapat terjadi karena sifat manusia yang selalu tidak puas terhadap kebutuhan yang telah terpenuhi.

      Untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia dari generasi ke generasi, manusia perlu memperdulikan keadaan sumber daya sebagai alat pemenuhan kebutuhan agar tidak cepat punah. Berikut ini usaha-usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi kelangkaan sumber daya.
a.       Melakukan penghematan dalam penggunaan sumber daya yang termasuk langka/terbatas.
b.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
c.       Mengelola dan mendayagunakan sumber daya modal dengan tepat guna.
d.      Menyusun skala prioritas, yakni membuat daftar kebutuhan mana yang perlu didahulukan pengadaannya karena dirasa lebih mendesak.

Demikian Penjelasan Tentang PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN. Semoga bermanfaat :D

Subscribe to receive free email updates: