PENGERTIAN HIV DAN AIDS SERTA CARA PENGOBATAN DAN PENCEGAHANNYA

1.      Pengertian HIV dan AIDS
HIV ialah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. HIV ialah sebuah virus menyerang sistem kekebalan tubuh serta melemahkan kemampuan tubuh guna melawan infeksi dan penyakit.

PENGERTIAN HIV DAN AIDS SERTA CARA PENGOBATAN DAN PENCEGAHANNYA


Hingga sekarang HIV belum dapat disembuhkan, namun ada pengobatan yang bisa digunakan guna memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini pun akan membuat penderitanya hidup lebih lama, sehingga dapat menjalani kehidupan dengan normal.

Dengan diagnosis HIV dini dan juga penanganan yang efektif, pengidap atau penderita HIV tidak akan berubah menjadi AIDS. AIDS ialah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Di tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah benar-benar hilang sepenuhnya.

HIV adalah jenis virus yang sifatnya rapuh. Tidak dapat bertahan terlalu lama di luar tubuh manusia. HIV dapat ditemukan dalam cairan tubuh dari orang-orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud ialah cairan sperma, cairan vagina, darah, cairan anus, serta ASI. HIV tidak dapat menyebar melalui keringat ataupun urine.

Di Indonesia, faktor penyebab dan juga penyebaran virus HIV/AIDS terbagi menjadi dua kelompok utama, yakni melalui hubungan seks yang tidak aman ataupun bergantian jarum suntik saat memakai narkotika.

Berikut ini ialah beberapa cara penyebaran HIV lainnya:
a.       Penularan dari ibu kepada bayinya pada masa kehamilan, saat melahirkan ataupun menyusui.
b.       Melalui seks oral.
c.        Pemakaian alat bantu seks secara bersama-sama ataupun bergantian.
d.       Melalui transfusi darah dari orang-orang yang terinfeksi HIV.
e.        Memakai jarum, suntikan, serta perlengkapan menyuntik lain yang telah terkontaminasi, misalnya spon dan juga kain pembersihnya.


2.      Langkah Pengobatan HIV
Meski belum terdapat obat untuk sepenuhnya menghilangkan infeksi HIV, namun langkah pengobatan HIV yang ada sekarang sudah cukup efektif. Pengobatan yang dilakukan dapat memperpanjang usia hidup bagi penderita HIV dan mereka dapat menjalani pola hidup yang sehat.

Ada obat-obatan yang dikenal dengan nama antiretroviral (ARV) yang berguna menghambat virus untuk merusak sistem kekebalan tubuh. Obat-obatan ini diberikan dalam bentuk tablet yang di konsumsi setiap hari. Anda juga akan disarankan melakukan pola hidup sehat. Seperti makanan sehat, tidak merokok, mendapatkan vaksin flu tahunan, serta vaksin pneumokokus lima tahunan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Tanpa adanya pengobatan, orang yang terserang HIV kekebalan tubuhnya akan menurun drastis. Dan juga mereka akan cenderung menderita penyakit yang membahayakan nyawa seperti kanker. Hal tersebut dikenal sebagai HIV stadium akhir atau yang sering disebut AIDS.

3.      Cara Pencegahan HIV
Cara terbaik guna mencegah terserang virus HIV ialah dengan melakukan hubungan seks secara aman, dan tidak pernah berbagi jarum atau peralatan menyuntik apa pun. Semua yang pernah berhubungan seks tanpa kondom serta berbagi jarum atau suntikan jauh lebih berisiko untuk terinfeksi HIV.


Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN HIV DAN AIDS SERTA CARA PENGOBATAN DAN PENCEGAHANNYA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: