PENGERTIAN GLOBALISASI LENGKAP DAN DAMPAK POSITIF SERTA NEGATIFNYA

Tanpa kita sadari ataupun tidak kita telah berada di Era Globalisasi. Kata globalisasi sudah sering kita dengar dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Baik disekolah ataupun dalam masyarakat. Namun, tidak semua mengerti apa itu globalisasi dan dampak yang ditimbulkannya. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian globalisasi lengkap dan menurut para ahli dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

PENGERTIAN GLOBALISASI LENGKAP DAN DAMPAK POSITIF SERTA NEGATIFNYA

1.      Pengertian Globalisasi
Secara istilah, globalisasi berasal dari kata globalize ataupun global yang berarti umum ataupun universal. Dalam bahasa Inggris, globalisasi ialah globalization yang diambil dari kata globe yang berarti bumi atau dunia serta kata ization yang artinya proses. Sehingga, diperoleh artinya menjadi proses mendunia ataupun proses sesuatu yang mendunia. Dapat diartikan pula sebagai proses penyebaran unsur, baik berupa gaya hidup, pemikiran, informasi ataupun teknologi yang secara mendunia.

Dalam Kamus Besar Bahasa (KBBI), globalisasi memiliki arti proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia. Jadi, secara umum, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses yang mendunia ataupun menyeluruh, dimana setiap orang tidak mengenal ataupun terikat oleh batasan-batasan seperti batasan wilayah dan lainnya, artinya setiap individu bias berhubungan serta bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui berbagai media komunikasi dan informasi.

Berikut beberapa pengertian globalisasi berdasarkan pendapat para ahli:

-          Selo Soemardjan, Globalisasi ialah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia, tujuannya untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. Contoh nya terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa.
-          Achmad Suparman, Globalisasi ialah suatu proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.
-          Scholte, Globalisasi ialah berkembangnya hubungan internasional. Dalam hal ini setiap Negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, tetapi menjadi semakin ketergantungan satu dengan yang lain.
-          Thomas L. Friedman, Globalisasi memiliki dimensi idiologi dan teknologi, dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
-          Emanuel Ritcher, Globalisasi ialah jaringan kerja global secara beriringan memadukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terpencil ke dalam saling bergantung dan persatuan dunia.


2.      Dampak Globalisasi
a.       Dampak positif
-          Munculnya pola hidup yang serba cepat serta instan.
-          Pesatnya perkembangan berbagai teknologi.
-          Semakin mudah dalam berkomunikasi.
-          Meningkatnya ekonomi dan kesejahteraan.
-          Peningkatan kualitas berbagai fasilitas pendukung kehidupan.

b.      Dampak negatif
-          Banyaknya pengurangan tenaga kerja disebabkan banyaknya mesin dan teknologi yang sudah bisa menggantikan peran manusia.
-          Memunculkan sifat individualistis pada manusia.
-          Masuknya pengaruh dari budaya asing yang kurang berkenaan dengan budaya lama.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIANGLOBALISASI LENGKAP DAN DAMPAK POSITIF SERTA NEGATIFNYA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: