PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT BAHASA, ISTILAH DAN PENDAPAT PARA AHLI SECAR LENGKAP

Kita sering belajar mengenai geografi. mendengar kata ini, kita langsung membayangkan pelajaran atau ilmu yang menyangkut berbagai hal mengenai bumi, berbagai tempat dunia, berbagai negara dan tentang peta ataupun kenampakkan alam.

PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT BAHASA, ISTILAH DAN PENDAPAT PARA AHLI SECAR LENGKAP


Kata geografi berasal dari bahasa Inggris yakni geography yang merupakan kembangan dari bahasa Yunani yakni geo yang artinya bumi serta graphien yang artinya tulisan atau penjelasan. Geography sendiri berarti ilmu bumi ataupun ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Menurut wikipedia,geografi ialah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi dan juga persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik serta manusia yang ada di atas permukaan bumi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi ialah ilmu tentang permukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, dan juga hasil yang diperoleh dari bumi. Geografi bukan hanya mengenai kartografi atau pembelajaran mengenai pemetaan. Melainkan mengenai ilmu yang lebih luas lagi.

Konsep geografi  sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Pada masa itu bangsa Yunani Kuno sudah berusaha melakukan dokumentasi mengenai bumi ataupun geografi. Geograf pertama yang berhasil ialah Thales (640-546 SM). Ia menyibukkan diri dengan beragam penelitian dan pencarian informasi  dengan perjalanan berbagai tempat.


Geograf lain Yunani Kuno yang mengikuti jejak Thales antara lain Herodotus (485-425 SM), Phyteas dan Erathostenes (276-194 SM). Berikut ialah beberapa pengertian geografi menurut para ahli:

a.      Immanuel Kant
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yanb tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

b.      Alexander von Humboldt
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.

c.       Karl Ritter
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah suatu telaah Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

d.      Friederich Ratzel
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah wilayah geografis sebagai sarana bagi organism untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.

e.       Elsworth Huntington
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah studi tentang fenomena pemukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

f.       Paul Vidal de la Blache
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah ilmu yang mempelajarai bagaimana proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

g.      Halford Mackinder
Ia berpendapat bahwa pengertian geografi ialah ilmu yang fungsi utamanya menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.


Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN GEOGRAFIMENURUT BAHASA, ISTILAH DAN PENDAPAT PARA AHLI SECAR LENGKAP, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: