PENGERTIAN EKONOMI SECARA LENGKAP DAN MENURUT PARA AHLI

Menurut istilah, kata ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yakni oikos yang artinya keluarga, rumah tangga serta nomos ialah peraturan, aturan, hukum. Secara etimologi atau secara bahasa, pengertian ekonomi ialah aturan rumah tangga ataupun manajemen rumah tangga.

PENGERTIAN EKONOMI SECARA LENGKAP DAN MENURUT PARA AHLI


Sedangkan, Secara umum, Pengertian Ekonomi ialah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seseorang yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi ialah dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom ialah orang yang menggunakan konsep ekonomi, serta data dalam melakukan pekerjaan.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, ekonomi memiliki beberapa pengertian, yakni sebagai berikut:
1.      Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi serta pemakaian barang-barang juga kekayaan, seperti hal keuangan, perindustrian dan pergangan.
2.      Pemanfaatan uang, tenaga, waktu dan sebagainya yang berharga.
3.      Tata hidup perekonomian suatu negara.
4.      Urusan keuangan rumah tangga, organisasi ataupun negara.

Juga menurut Wikipedia, pengertian ekonomi ialah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang maupun jasa. Secara garis besar, ekonomi berarti aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.
Banyak juga para ahli yang memberikan pendapatnya dalam hal mendefinisikan pengertian ekonomi. Beberapa pengertian ekonomi para ahli ialah sebagai berikut:

1.      Abraham Maslow
Abraham Maslow berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori serta prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.

2.      Adam Smith
Adam Smith berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah suatu penyeldikan tetnang kondisi dan sebab adanya atau hadirnya kekayaan negara.

3.      John Stuart Mill
Johs Stuar Mill berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah ilmu praktis yang telah mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran.

4.      Paul Anthony Samuelson
Paul A. Samuelson berpendapat bahwa Pengertian Ekonomi adalah suatu cara yang dipakai oleh seseorang atau[un kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi serta produk juga menyalurkannya supaya dapat dikonsumi oleh masyarakat banyak.

5.      Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya berpendapat bahwa pengertian Ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.

6.      Amwal
Amwal berpendapat bahwa Ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif guna mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu ataupun masyarakat.

7.      Aristoteles
Aristoteles berpendapat bahwa Ekonomi ialah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.



Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN EKONOMI SECARA LENGKAP DAN MENURUT PARA AHLI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: