PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM ALAT PEMUAS KEBUTUHAN



1.   Pengertian
Alat pemuas kebutuhan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Alat pemuas kebutuha tersebut dapat berupa barang atau jasa. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud (berupa benda(. Contohnya: makanan, pakaian, sepatu, tas, buku tulis, dan sebagainya.

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

2.   Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan
Alat pemuas kebutuhan bisa dibedakan yaitu dengan berdasarkan kelangkaan, wujud, tujuan pemakaian hubungan dengan benda lain, proses pemakaian, tingkat pemakaian, dan segi jaminan.

a.      Menurut Kelangkaanya
1)      Benda Ekonomi
Yaitu benda yang tersedia didalam jumlah yang kecil atau sedikit dibandingkan dengan yang membutuhkannya, sehingga untuk mendapatkannya diperkukan pengorbganan. Misalnya pada musim kemarau panjang, air merupakan benda ekonomi karena untuk mendapatkannya diperlukan biaya dan tenaga.
2)      Benda Bebas
Yaitu benda dengan jumlah yang melimpah dan untuk mendapatkannya tidak diperlukan pengorbanan, misalnya : Udara untuk pernapasan, air di musim penghujan, dan sebaginya.
3)      Barang Illith
Yaitu benda yang jumlahnya berlebihan sehingga bisa membahayakan dan mendatangkan bencana. Contohnya: air jika dalam jumlah yang sedikit dapat berguna bagi kehidupan manusia, namun bila jumlahnya berlebihan dapat menyebabkan banjir.

b.      Menurut Wujudnya
1)      Barang atau benda konkret
Yaitu alat pemudas kebutuhan yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan manfaatnya. Contohnya: rumah, pakaian, roti, nasi, dan sebagainya.
2)      Jasa atau benda abstrak
Yaitu alat pemuas kebutuhan yang hanya bisa dirasakan manfaatnya, tetapi tidak dapat dilihat atau diraba. Misalnya: salon kecantikan, jasa pendidikan, dan sebagainya.


c.       Menurut Tujuan Pemakaiannya
1)      Menurut Konsumsi
Yaitu benda yang bisa langsung dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya: Minuman, makanan, dan pakaian.
2)      Benda Produksi
Yaitu benda yang digunakan untuk memproduksi benda lain. Misalnya penggunaan papan dan cat untuk membuat meja dan kursi.

d.      Menurut Hubungan dengan benda lain
1)      Benda substitusi
Yaitu benda yang penggunaannya dapa menggantikan benda lain yang sedang diperlukan. Misalnya: Pena dapat menggantikan pensil. Daging ayam bisa menggantikan ikan, dan sebagainya.
2)      Benda komplementer
Yaitu benda yang bisa digunakan jika dilengkapi dengan benda lain. Misalnya: Jam dinding baterai, buku dengan pulpen, sepeda motor dengan bahan bakar, dan sebagainya.

e.       Menurut proses pembuatanya
1)      Barang mentah
Yaitu barang yang belum siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Barang mentah digunakan sebagai bahan baku atau bahan dasar untuk diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Misalnya: kapas, minyak bumi dan beras.
2)      Barang setengah jadi
Yaitu barang yang masih memerlukan proses produksi untuk dipakai bahan siap pakai atau bahan jadi. Misalnya: benang untuk membuat kain, kain untuk membentuk pakaian, bijih besi untuk membuat pipa, dan sebagainya.
3)      Barang jadi
Yaitu barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan merupakan hasil akhir dari proses produksi. Misalnya: kipas angin, kursi, sepeda motor.

f.       Menurut Tingkat Pemakaiannya
1)      Benda tahan lama
Yaitu benda yang bisa digunakan berulang kali. Misalnya: pakaian, sepatu, mesin, dan sebagainya.
2)      Benda tidak tahan lama
Yaitu benda yang hanya bisa digunakan satu kali saja atau benda yang habis pakai. Misalnya: makanan, minuman, tissue, dan sebagainya.

g.      Menurut Segi Jaminanya
1)      Barang bergerak
Yaitu benda yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka pendek. Contoh: mobil, perhiasan, barang elektronik. Barang tersebut bergerak karena bisa dipindah-pindah dengan mudah.
2)      Barang tidak bergerak
Yaitu benda yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka panjang. Contoh: tanah dan rumah. Barang tersebut tidak bergerak karena benda-benda tersebut tidak dapat dipindahkan tempatnya.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Dan Jenis-Jenis Alat PemuasKebutuhan. Semoga Bermanfaat:D

Subscribe to receive free email updates: