MENYUSUN SKALA PRIORITAS KEBUTUHAN MANUSIA



Skala prioritas kebutuhan adalah urutan kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingan kebutuhan. Dengan menyusun skala prioritas kebutuhan. Manusia dapat mengetahui kebutuhan mana yang harus didahulukan dan kebutuhan mana yang bisa ditunda. Meskipun penyusunan skala prioritas kebutuha antara orang yang satu dengan orang yang lain berbeda-beda.

MENYUSUN SKALA PRIORITAS KEBUTUHAN MANUSIA

Tetapi secara garis besar penyusunan skala prioritas dapat dilakukan berdasarkan intensitas kebutuha masing-masing orang, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan kebutuhan tersier. Hal-hal yang perlu digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan skala prioritas kebutuhan sebagai berikut:


a.       Tingkat urgensinya, dalam menentukan pilihan nama yang harus didahulukan, perlu mempertimbangkan seberapa jauh tingkat kepentingan kebutuhan yang diperlukan tersebut.
b.      Pertimbangan masa depan, dalam menghadapi pilihan yang sulit, faktor masa depan perlu dipertimbangkan.
c.       Kemampuan diri, dalam menentukan pilihan perlu mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan materi maupun nonmateri, sehingga pilihan yang dijatuhkan bisa tepat.
d.      Kesempatan yang dimiliki apabila suatu kebutuhan hanya dibutuhkan pada saat itu saja, maka kebutuhan tersebut perlu didahulukan.

Demikian Penjelasan Menyusun SkalaPrioritas Kebutuhan. Semoga dapat bermanfaat :D

Subscribe to receive free email updates: