KRONOLOGI TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA



1.      Kronologi Penggunaan Bahasa Indonesia
Sejak berabad-abad lalu, bahasa melayu dikenal sebagai bahasa pengantar antar daerah Indonesia.
a.    Sudah dari dulu banyak dipakai dalam bidang ekonomi daripada bidang pilitik sehingga bahasa “melayu” lebih dikenal sebagai bahasa perdagangan di pusat-pusat perdagangan di nusantara.
b.   Dalam penyebaran agama islam dan kristen, bahasa melayu dipergunakan sebagai bahasa penghubung/perantara.
c.    Ketika imperialisme Barat mulai campur tangan dalam bidang perdagangan dan politik, Bahasa Melayu pun dipakan untuk perjanjian-perjanjian, selain bahasa Belanda.
d.   Dalam bidang pendidikan, bahasa melayu dipakai untuk tujuan mendapatkan tenaga administrasi rendahan.
e.    Munculnya elit politik baru di Indonesia sebagai hasil politik etis. Hal ini telah menumbuhkan beberapa organisasi politik. Dengan memakai bahasa melayu disamping bahasa belanda.
f.    Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah penegasan yang nyata. Rumusan sumpah pemuda memperlihatkan bahasa Melayu, yang awalnya hanya digunakan oleh suku melayu, dinyatakan sebagai bahasa persatuan nasional dan diberi bahasa Indonesia.

KRONOLOGI TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA


2.      Penggunaan Nama Indonesia
Penggunaan kata “ Indonesia “ untuk wilayah Nusantara, mulai dikenalkan pada pertengahan abad ke-19.
a.       G.R. Logan, adalah seorang pegawai pemerintah Inggris di Penang (Malaysia). Isa adalah seorang redaktur majalah Journal of The Indian Archipelago ansd Eastern Asia, telah berjasa memperkenalkan kata “Indonesia” dalam artikelnya pada majalah tersebut yaitu pada tahun 1850. Nama Indonesia dipakai intuk menyebut kepulauan dan penduduk di Nusantara.
b.      Di Singapura, adalah seorang etnolog dan perwira kolonial Inggris bernama George Windsor Eari, dia juga ahli bahasa Melayu, Menulis disebuah majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia. Karyanya tentang ciri-ciri utama penduduk di Nusantara dan pendduk asli Australiaa. Ia memakai istilah Indonesians dan Melayu-nesians bagi penduduk kepulalauan.
c.       Adolf Bastia, menyatakan kata “ indonesia” berasal dari kata india dari bahasa latin untuk Hindia dan kata nesos dari bahasa Yunani untuk kepulauan, Sehingga kata “indonesia” bisa berarti kepulauan Hindia. Tetapi dia lebih memilih istilah Melayu-Nesians, karena pengertiannya khusus untuk kepulauan di Nusantara.
d.      Dari karya karya guru besar universitas di negara Belanda seperti Van vollen, Snouch Hurgronje R.A. Kern, dan lain-lain. Istilah Uindonesisch, Indonesia dan Indonesier makin tersebar luas.
e.       Puncaknya pada tanggal 28 Oktober 1928, kata “Indonesia” lebih umum dipakai oleh orang-orang indonesia. Dari situ pula menuntuk kepada pemerintah Belanda untuk mengganti istilah Nederlandsch-Indie dan Inlander dengan Indonesia dan Indonesier.

Demikian Pembahasan Tentang KRONOLOGI TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA. Semoga dapat bermanfaat untuk pengetahuan anak bangsa. Terimakasih sudah berkunjung :D

Subscribe to receive free email updates: