TINDAKAN EKONOMI DALAM BERBAGAI KEGIATAN SEHARI-HARI

Mengapa manusia perlu bekerja? Jawabannya karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melengkapi kebutuhannya, manusia akan memilih langkah yang paling pas dan tentunya bermanfaat bagi kehidupannya ke depan. Segala sesuatu yang dilaksanakan manusia berlandaskan pilihan yang paling baik dan sangat menguntungkan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan disebut tindakan ekonomi.

Dengan kata lain, tindakan ekonomi merupakan segala sesuatu tindakan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilandasi dengan prinsip ekonomi.

Contoh kegiatan ekonomi dalam kegiatan sehari-hari:

1.      Ayah lebih sering menggunakan sepeda motor daripada mobilnya karena bisa menghemat bahan bakar.
2.      Pergi ke sekolah, ke kampus, ke kantor menggunakan bis kota daripada naik taksi yang memboroskan biaya transportasi.
3.      Ibu lebih sering menggunakan telepon rumah daripada Handphonenya karena biaya yang lebih murah.

MOTIF EKONOMI

Adalah sebuah alasan yang mendorong manusia untuk melaksanakan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dapat berasal dari luar ataupun dari dalam diri manusia itu sendiri.

  1. Motif sosial/membantu sesama

Tidak semua manusia dalam melaksanakan tindakan ekonomi didorong untuk kepentingan individu, tetapi ada juga yang berorientasi pada kepentingan bersama guna membantu sesama, misalnya seperti memberikan sumbangan bagi korban bencana, panti asuhan, yayasan difabel, dan lain-lain.

      2. Motif memperoleh penghargaan

Untuk bergengsi, dan harga diri manusia melaksanakan dorongan ekonomi guna memperoleh penghargaan atau prestasi. Misalnya seperti orang kaya yang setiap harinya membawa mobil mewah agar terlihat terpandang bagi orang sekitarnya.

      3. Motif untuk memperoleh keuntungan/laba

Ada juga manusia yang melakukan tindakan ekonomi didorong oleh usaha untuk mendapat keuntungan.


      4. Motif untuk memenuhi kebutuhan

Manusia melakukan tindakan ekonomi ini dipicu oleh usaha untuk kelangsungan hidup yang terjamin, meskipun usaha tersebut hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan primernya saja.



      5. Motif mencapai kekuasan ekonomi

Seorang pembisnis yang sudah berskala besar ingin lebih menguasai pasar secara nasional dengan mendirikan cabang di setiap kotanya. Motif pelaku bisnis ini didorong untuk mencapai kekuasaan.

      6. Motif mencapai kemakmuran

Manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani atau rohani dengan maksud dan tujuan mencapai kemakmuran. Dalam keadaan makmur, manusia bisa memenuhi kebutuhan makanan yang penuh gizi, pendidikan tinggi, tempat tinggal layak huni, dan sebagainya.

Disamping motif ekonomi, ada juga motif non ekonomi, dimana pelaksanaan dalam pemenuhan kebutuhan hidup seseorang dilakukan dengan emosional dan tergesa-gesa, tidak memperhitungkan untung-rugi.

Contoh motif non ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Tono mentraktir teman sekelasnya karena baru saja mendapat kiriman uang dari kakeknya.
  2. Dita tidak pernah menawar dalam belanja, karena dia ingin menunjukkan kekayaannya.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang Tindakan Ekonomi dan Motif Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: