SIKAP POSITIF DAN PENERAPAN SIKAP DEMOKRASI DALAM BERBAGAI LINGKUNGAN KEHIDUPAN

Pada dasarnya maju atau mundurnya bangsa kita di masa yang akan datang sangat bergantung pada seluruh rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, marilah kita aktif ambil bagian dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Partisipasi semua pihak dalam pembangunan sangat diperlukan agar dalam prosesnya tidak menyimpang dari nilai-nilai baik yang telah tertanam dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam di negara kita.

SIKAP POSITIF DAN PENERAPAN SIKAP DEMOKRASI DALAM BERBAGAI LINGKUNGAN KEHIDUPAN


Semangat kekeluargaan, gotong royong, kebersamaan, serta musyawarah untuk mufakat yang telah menjadi ciri bangsa dan merupakan cerminan demokrasi Pancasila hendaknya selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semngat tersebut dapat diterapkan di dalam berbagai lingkungan sosial mulai dari lingkungan keluarga, sekolah serta lingkungan masyarakat sampai bangsa dan negara.

a.      Penerapan sikap demokrasi di lingkungan keluarga
Agar budaya demokrasi tumbuh dalam kehidupan berwarganegara, pendidikan demokrasi harus sejak awal dikenalkan kepada penerus bangsa. Pendidikan demokrasi bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Musyawarah untuk mencapi mufakat demi kepentingan bersama pada dasarnya merupakan inti dari demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, dalam keluarga hendaknya selalu dibiasakan menyelesaikan banyak persoalan dan kepentingan dengan cara musyawarah. Contoh pelaksanaan demokrasi dalam lingkungan keluarga misalnya, pembagian tugas bagi setiap anggota keluarga.

b.      Penerapan sikap demokrasi di lingkungan sekolah
Seperti halnya dalam keluarga di sekolah pun hendaknya selalu mengutamkan musyawarah dalam menyelesaikan persoalan bersama. Persoalan-persoalan yang hendak dimusyawarahkan, misalnya:

1)      Menyusun tata tertib
2)      Menyusun regu piket kelas
3)      Memilih ketua OSIS
4)      Memilih ketua kelas

c.       Penerapan sikap demokrasi di lingkungan masyarakat
Demikian pula di lingkungan masyarakat, segala keputusan menyangkut kepentingan bersama harus dimusyawarahkan agar dapat diterima dengan baik oleh seluruh anggot masyarakat, misalnya:

1)      Program-program pengembangan masyarakat ataupun lingkungannya
2)      Pemilihan kepala desa


d.      Penerapan sikap demokrasi di lingkungan negara
Mengenal penerapan demokrasi di lingkungan negara, misalnya:

1)      Rakyat terlibat dalam Pemilu, baik untuk memilih wakil-wakil rakyat ataupun memilih Presiden dan Wakil Presiden.
2)      Rakyat melalui wakil-wakilnya terlibat dalam penyusunan Undang-undang
3)      Rakyat melakukan pengawasan, baik terhadap wakil rakyat ataupun pemerintah melalui media massa

Bangsa Indonesia membutuhkan seorang pemimpin bangsa yang beriman, berilmu, terampil, dan demokratis serta bebas dai KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) sehingga bisa membawa bangsa dan negara ke arah tujuan yang dicita-citakan.

e.       Sikap positif terhadap pelaksanaan Demokrasi
Budaya demokrasi mesti diwariskan kepada generasi muda. Hal ini dapat dilakukan dengan memberi contoh dan teladan perilaku yang demokratis artinya memberi teladan pada orang lain agar orang lain mengerti, memahami, serta melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupa sehari-hari di lingkungannya. Contohnya, berupa sikap, tingkah laku, dan tutur kata yang baik serta benar.

Hal ini sejalan dengan falsafah negara Pancasila. Demokrasi Pancasila mengajarkan prinsip-prinsip berikut:

1)      Persamaan
2)      Keseimbangan antara hak dan kewajiban
3)      Kebebasan yang bertanggung jawab
4)      Kebebasan berkumpul dan berserikat
5)      Kebebasan mengeluarkanpikiran dan pendapat
6)      Bermusyawarah
7)      Keadilan sosial
8)      Kekeluargaan dan persatuan Nasional
9)      Cita-cita nasional

Sebagai warga negara yang baik kita harus menyikapi tantangan demokrasi secara positif sesuai dengan kemampuan. Sebab, kelangsungan demokrasi tergantung kepada masyarakat.


Demikian penjelasan mengenai SIKAP POSITIF DAN PENERAPAN SIKAP DEMOKRASI DALAM BERBAGAI LINGKUNGAN KEHIDUPAN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: