PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

1.      PENGERTIAN

Limbah tekstil merupakan limbah yang dihasilkan dari proses pengkanjian, penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan hingga proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih kuat dari pada limbah daripada proses penyempurnaan bahan sistesis. Jadi, kerajinan limbah tekstil merupakan suatu karya tangan yang dihasilkan oleh buangan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

2.      JENIS-JENIS

PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL


Jenis produk kerajinan limbah tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

1. Benda Hias, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengutamakan unsur estetika atau keindahannya disamping kegunaannya. Contohnya adalah lukisan
2. Benda Pakai, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengedepankan fungsi kerajinan tersebut di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah pakaian

3.      FUNGSI KARYA KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

    Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil terbagi atas:

1.      Berfungsi sebagai benda hiasan. Dengan berfungsi sebagai benda hiasan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
2.      Di samping sekedar sebagai benda hiasan, banyak kita jumpai memiliki fungsi sebagai benda praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam berbagai kerajinan Tekstil.
3.      Di samping sebagai benda hiasan dan terapan, karya kerajinan Tekstil juga berfungsi sebagai mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya kerajinan jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
4.      Kerajinan limbah tekstil juga dibutuhkan sebagai sarana pelestarian alam dan kebudayaan.

4.      UNSUR KARYA KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

Unsur Estetika merupakan unsur keindahan bentuk, yang selalu bergantung pada sentuhan keindahan atau nilai estetis. Karena itu, dalam pembuatannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bidang, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah tekstil yang akan dibuat menjadi kerajinan.

Sedangkan unsur Ergonomis merupakan dalam teori desain dikenal sebagai prinsip form follow function, yaitu bentuk desain yang mengikuti fungsi. Jadi Unsur ergonomis adalah unsur tekstil yang mengutamakan kenyamanan penggunaannya, misalkan pakaian batik atau pakaian dari bahan kain seperti tenun, songket dan tapis.
Ada tiga aspek desain yang harus dimiliki jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek berupa keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).

PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL



Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSIDAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: