PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DEMOKRASI

1.      Pengertian demokrasi
Demokrasi memiliki pengertian yang bermacam-macam. Demokrasi sering diartikan beda pendapat. Begitu banyaknya pengertian demokrasi sering membuat orang salah menafsirkannya. Dengan demikian, apa demokrasi itu?

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DEMOKRASI


Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno yang diutarakan di Athena Kuno pada abad ke-5 SM. Negara ini biasanya dianggap sebagai contoh awal dari sebuah sistem yang berhubungan dengan hukum demokrasi modern.

Kata “demokrasi” berasal dari dua kata, yakni demos yang artinya rakyat serta kratos yang artinya pemerintahan, sehingga bisa diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat serta untuk rakyat.

Dapat disimpulkan, bahwa pengertian demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Namun dalam perkembangannya, demokrasi tidak hanya sebagai bentuk pemerintahan, namun sudah menjadi sistem politik dan sikap hidup

2.      Macam-macam demokrasi
Menurut cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dibedakan dari:
a.       Demokrasi langsung
Demokrasi langsung ialah paham demokrasi yang mengikutsertakan tiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum ataupun undang-undang.

b.      Demokrasi tidak langsung
Demokrasi tidak langsung ialah paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan. Pada demokrasi ini biasanya dilaksanakan melalui tahap pemilihan umum.

Menurut dasar prinsip ideologi, demokrasi dibedakan atas:
a.       Demokrasi konstitusional (demokrasi liberal)
Demokrasi konstitusional ialah demokrasi yang didasarkan pada kebebeasan atau individualisme. Ciri khas pemerintahan demokrasi konstitusional ialah kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenakan banyak campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

b.      Demokrasi rakyat (demokrasi proletar)
Demokrasi rakyat, disebut juga demokrasi proletar yang berhaluan marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan hidup yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai, untuk mencapai masyarakat tersebut perlu dilakukan cara paksa atau kekerasan.

BACA JUGA: PENTINGNYA DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA


Menurut dasar yang menjadi titik perhatian ataupun priotitasnya, demokrasi dibedakan atas:
a.       Demokrasi formal
Demokrasi formal ialah suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi ataupun menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi.

b.      Demokrasi material
Demokrasi material ialah demokrasi yang dititikberatkan pada upaya-upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan bidang politik kurang diperhatikan.

c.       Demokrasi campuran
Demokrasi gabungan ialah demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

Menurut dasar wewenang dan hubungan antara alat kelengkapan negara, demokrasi dibedakan dari:
a.       Demokrasi sistem parlementer
Dalam sistem ini, kekuatan legislatif lebih kuat daripada eksekutif, menteri-menteri (kabinet) bertanggung jawab kepada DPR.

b.      Demokrasi sistem presidensial
Dalam sistem ini, presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Menteri-menteri bertanggung jawab kepada presiden. Antara presiden dan DPR tidak saling menjatuhkan.


Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DEMOKRASI, semoga dapat dipercaya.

Subscribe to receive free email updates: