MACAM-MACAM GERAK PADA TUMBUHAN : GERAK TAKSIS, TROPISME DAN NASTI

Secara umum gerak pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsang dan gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsang (gerak nasti). Gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dibagi menjadi 2 jenis yaitu gerak seluruh tubuh (gerak taksis) dan gerak tumbuh (gerak tropisme).





Agar anda dapat lebih jelas, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian dan contoh gerak taksis, tropisme dan nasti pada tumbuhan.

1.      Taksis



Gerak taksis merupakan gerak pada seluruh tubuh tumbuhan dengan menjauhi ataupun mendekati sumber suatu rangsangan. Gerak taksis pada umumnya dapat terjadi pada tumbuhan tingkat rendah karena tubuhnya tidak menempel pada tempat tertentu.


Jenis gerak taksis biasanya dinamai berdasarkan jenis rangsangan nya. Misalnya, disebut fototaksis jika rangsangan nya berupa cahaya dan kemotaksis jika rangsangannya berasal dari bahan kimia gerak taksis yang mendekati arah datangnya rangsang sering disebut sebagai gerak taksis positif sedangkan taksis yang menjauhi datangnya arah rangsang disebut sebagai gerak taksis negatif.

Contoh gerak kemotaksis pada tumbuhan adalah gerak spermatozoid pada tumbuhan lumut dalam ruang arkegonium saat proses membuahi sel telur. Gerak kemotaksis ini dikarenakan oleh rangsangan glukosa yang terdapat di ruang arkegonium.


2.      Tropisme



Gerak tropisme merupakan gerak pada sebagian tubuh tumbuhan, baik mendekati maupun menjauhi arah datang nya suatu rangsangan. Seperti halnya pada gerak taksis, gerak tropisme juga dinamai berdasarkan jenis rangsangan yang diperolehnya. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak tropisme dapat dibagi menjadi gerak fototrpisme, hidrotropisme, dan geotropisme.

Fototrpisme merupakan gerak tumbuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berupa cahaya. Hidrotrpisme merupakan gerak tumbuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa air. Adapun geotropisme merupakan gerak tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa gaya gravitasi bumi.

Secara umum gerak tropisme dapat dibedakan berdasarkan arah gerakan tumbuhan. Gerak tropisme yang mendekati arah sumber rangsangan disebut gerak tropisme positif, sedangkan gerak tropisme yang menjauhi arah sumber rangsangan disebut gerak tropisme negatif.

Contoh gerak fototropisme positif adalah gerak tumbuhan yang disimpan didekat jendela, tumbuhan itu kemudian akan tumbuh mendekati arah sumber cahaya. Sedangkan contoh gerak geotropisme negatif adalah gerak pada tanaman yang sengaja disimpan secara horizontal namun arah tumbuhnya tetap ke atas.


3.      Nasti



Gerak nasti merupakan gerak tumbuhan yang berbeda dari gerak taksis dan gerak tropisme yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak nasti merupakan gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri. Jenis-jenis gerak nasti adalah gerak seismonasti, fotonasti dan termonasti.

Seismonasti merupakan gerak nasti karena pengaruh oleh rangsang berupa sentuhan atau getaran. Contohnya pada gerak menutup dau putri malu setelah disentuh. Adapun fotonasti merupakan gerak nasti yang karena pengaruh oleh rangsang berupa cahaya. Gerak fotonasti ini contohnya adalah pada kembang sepatu yang mekar pada siang hari dan menguncup pada malam hari. Sedangkan termonasti merupakan gerak nasti yang terpengaruh rangsangan berupa suhu.


Demikian penjelasan mengenai MACAM-MACAM GERAK PADA TUMBUHAN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: