KRONOLOGIS PERISTIWA RENGASDENGKLOK LENGKAP

Peristiwa rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa penting dalam perjuangan meraih kemeredekaan Indonesia, berikut ini akan dijelaskan kronologis peristiwa rengasdengklok.

KRONOLOGIS PERISTIWA RENGASDENGKLOK LENGKAP


Pada tanggal 15 Agustus 1945, di Laboratorium Bakteriologi (Jakarta Pusat) diadakan pertemuan antara beberapa pemuda dan mahasiswa. Pemimpin pertemuan tersebut ialah Chaerul Saleh yang merupakan salah satu tokoh pemuda. Mereka sepakat untuk menolak segala bentuk “hadiah” kemerdekaan dari Jepang. Mereka juga sepakat bahwa kemerdekaan itu ialah sebuah hak dan persoalan bagi rakyat Indonesia sendiri yang tidak tergantung pada bangsa lain, termasuk Jepang.

Oleh karena itu, kemerdekaan mesti segera diproklamasikan. Para pemuda juga akan meminta Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk memutuskan segala hubungan dengan Jepang. Kemudaian rapat memutuskan untuk mengirim Wikana dan Darwis kepada kedua tokoh tersebut untuk menyampaikan keputusan rapat yang telah digelar oleh para golongan pemuda.

Wikana dan Darwis tiba di kemudian Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, sekitar pukul 21.00 WIB. Keduanya menyampaikan hasil-hasil keputusan rapat. Mereka juga mendesak agar Prokalamasi Kemerdekaan Indonesia dinyatakan pada keesokan harinya, yakni pada tanggal 16 Agustus 1945.

Pada pertemuan itu, datang beberapa tokoh nasionalis seperti Moh. Hatta, Iwa Kusumantri, Samsi, Buntaran, Sudiro, dan Ahmad Subardjo. Setelah berunding dengan tokoh-tokoh tersebut, Ir. Soekarno menyatakan bahwa mereka tidak dapat memenuhi permintaan para pemuda. Ir. Soekarno menyatakan bahwa pada tanggal 16 Agustus 1945 telah direncanakan akan diadakan sidang PPKI yang hendak membicarakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Menjelang 16 Agustus 1945, tepat pukul 24.00 WIB di Asrama Baperpi, Cikini 71 Jakarta, para pemuda berkumpul yang dihadiri oleh Sukarni, Jusuf Kunto, Dr. Muwardi, cudanco Singgih, dan Chaerul Saleh. Mereka sepakat untuk mengasingkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta keluar dari Jakarta dengan tujuan untuk menjauhkan mereka berdua dari pengaruh Jepang.

Tepat pukul 04.00 WIB, Ir. Soekarno serta Moh. Hatta dibawa oleh sekelompok pemuda menuju Rengasdengklok. Rombongan ini berangkat dari kediaman Soekarno yang dikawal oleh pasukan PETA di bawah pimpinan cudanco Singgih.


Rombongan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta tiba di Rengasdengklok dengan selamat pada pagi hari tanggal 16 Agustus 1945. Soekarno-Hatta berada seharian penuh di Rengasdengklok. Upaya pemuda untuk menekan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak berhasil. Karena wibawa dan karismatik keduanya, para pemuda merasa segan untuk melakukan penekanan.

Akhirnya, Ir. Soekarno mengadakan pembicaraan dengan cudanco Singgih. Hasil pembicaraan tersebut ialah Ir. Soekarno bersedia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dengan segera setelah kembali ke Jakarta.

Dengan adanya rencana tersebut, pada tengah hari, Singgih cepat kembali ke Jakarta guna menyampaikan rencana proklamasi kepada rekan-rekannya dan para pimimpin yang ada di Jakarta.

Sekitar pukul 23.00 WIB, rombongan dari Rengasdengklok tiba di Jakarta. Ketika Soekarno dan Moh. Hatta datang ke rumah Laksamana Maeda, di sana sudah menanti B. M. Diah dari surat kabar Asia Raya, Semaun Bakri dari Jawa Hokokai, Sayuti Melik, Iwa Kusumantri, serta para anggota PPKI. Ahmad Soebardjo dan Iwa Kusumantri mendatangi tempat para pemuda untuk mengajak ke rumah Laksamana Maeda.

Para pemuda menolak karena dalam rencana mereka tidak ada kesepakatan memakai rumah Laksamana Maeda. Ahmad Soebardjo menjelaskan bahwa hal itu dilakukan untuk mencegah gangguan dan halangan Kempetai Jepang.

Para pemuda kemudian sepakat bahwa yang akan datang hanyalah Chaerul Saleh dan Sukarni sebagai wakil para pemuda. Sedangkan para anggota PPKI banyak yang hadir dalam perumusan teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda tersebut. Kemudian perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda.


Demikian penjelasan mengenai KRONOLOGIS PERISTIWA RENGASDENGKLOK LENGKAP, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: