KARAKTERISTIK, STRUKTUR SERTA PENYAKIT DAN KELAINAN PADA GINJAL

Ginjal pada manusia berbentuk seperti kacang serta berjumlah dua buah yang terletak pada bagian dalam rongga perut bagian belakang agak ke atas di dekat tulang belakang. Ginjal sebelah kanan posisinya sedikit lebih rendah dibandingkan ginjal sebelah kiri dikarenakan terdesak oleh hati.

Setiap ginjal umumunya memiliki panjang 6-7,5 cm serta tebal 1,5-2,5 cm. Pada orang dewasa beratnya rata-rata pada kisaran 140 gram.
Ginjal berfungsi sebagai alat penyaring darah. Ginjal menyaring darah sebanyak ±1500 liter per hari, sehingga ada beberapa zat yang harus dibuang melalui alat pengeluaran (ekskresi).

Dari masing-masing ginjal dikeluarkan zat sisa penyaringan darah berupa urine yang dialirkan melalui ureter menuju ke kandung kemih (vesika urinaria), kemudaian melalui uretra dikeluarkan dari tubuh.

1.      Struktur ginjal
Ginjal tersusun atas lapisan luar yang disebut kulit ginjal (korteks renalis) dan lapisan sebelah dalam yang disebut sumsum ginjal (medula). Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis

KARAKTERISTIK, STRUKTUR SERTA PENYAKIT PADA GINJAL


a.      Kulit ginjal ( korteks renalis )
Pada bagian inilah proses penyaringan darah dimulai. Kulit ginjal tersusun atas sel-sel ginjal atau nefron yang merupakan penyaring darah. Satu nefron terdiri dari badan Malpighi dan tubula. Badan Malpighi terdiri dari glomerulus serta kapsula Bowman.

Glomerulus adalah kumpulan cabang-cabang halus atau anyaman pembuluh darah kapiler di bagian korteks. Adapun kapsula Bowman ialah lapisan yang melingkupi glomerulus, bentuknya seperti cawan, dan berdinding ganda.

b.      Sumsum ginjal ( medual renalis)
Medula (sumsum ginjal) tersusun atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan badan Malpighi serta saluran yang ada di bagian korteks. Medula berbentuk kerucut atau renal piramid.

Medula merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari kapsula Bowman. Di dalam medula juga terjadi reabsorpsi dan augmentasi penyaringan darah.

c.       Rongga ginjal (pelvis renalis)
Pelvis renalis atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebgai penampung urine sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

2.      Kelainan serta penyakit pada ginjal


Ginjal manusia bisa mengalami gangguan karena beragam sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal antara lain sebagai berikut:

a.       Batu ginjal, penyakit ini terbentuk dikarenakan adanya endapan garam kalsium yang maik lama makin mengeras dan membesar. Endapan ini pada mulanya berada di rongga ginjal, lalu terbawa arus ke urine menuju ureter dan kantong kemih.

b.      Gagal ginjal, ialah kelainan ginjal yang dapat mengakibatkan ginjal tak berfungsi sebagaimana mestinya yakni sebagai alat penyaring darah.

c.       Nefritis, ialah peradangan pada nefron, terutama glomerulus karena infeksi bakteri Streptococcus.

d.      Diabetes insipidus, terjadi sebab kekurangan hormon ADH (Antidiuretic Hormone). Penyakit ini ditandai dengan pengeluaran urine yang terlalu banyak.

e.       Albuminuria, terjadi dikarenakan adnya kerusakan pada filtrasi, yang mengakibatkan molekul albumin dan protein keluar bersama urine.


Demikian penjelasan mengenai KARAKTERISTIK,STRUKTUR SERTA PENYAKIT PADA GINJAL, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: