HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP KEWAJIBAN WARGA NEGARA

1.      Hakikat Kewajiban Warga Negara
Kewajiban ialah segala sesuatu yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Kewajiban warga negara ialah tindakan ataupun perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang warga negara sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kewajiban asasi merupakan dasar setiap orang.

HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP KEWAJIBAN WARGA NEGARA


Contoh kewajiban warga negara Indonesia:
a.       Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh.
b.      Setiap warga negara wajib membayar pajak serta retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintahan pusat dan pemerintah daerah (Pemda)
c.       Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, juga dijalankan dengan sebaik-baiknya.
d.      Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
e.       Setiap warga negara wajib ikut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.


2.      Pelanggaran Kewajiban Warga Negara
Pelanggaran Kewajiban warga negara ialah proses, cara, ataupun perbuatan melanggar. Pelanggaran juga bisa diartikan sebagai pengingkaran. Sehingga pelanggaran kewajiban warga negara ialah pengingkaran warga negara terhadap kewajiban-kewajiban yang ditentukan pemerintah.

Pengingkaran terhadap kewajiban-kewajiban warga negara biasanya dikarenakan oleh tingginya sikap egoisme yang dimiliki oleh setiap warga negara, sehingga yang ada di pikirannya sebatas bagaimana cara mendapat haknya, sementara yang menjadi kewajibannya dilupakan. Selain itu rendahnya kesadaran hukum warga negara juga mendorong terjadinya pelanggaran kewajiban oleh warga negara.

Dalam hal ini, biasanya egoisme timbul ketika warga negara telah mendapatkan hak mereka, namun tidak mau melaksanakan kewajibannya. Misalnya, warga negara yang telah mendapatkan jaminan berupa tempat hidup dan pekerjaan yang layak namun tidak mau membayar pajak tepat waktu.

Pelanggaran kewajiban warga negara adalah tindakan yang sangat merugikan bagi negara tersebut. Untuk menghindarinya perlu adanya kesaran dari setiap dan seluruh warga negara agar mau melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.

Contoh pengingkaran kewajiban warga negara ialah sebagai berikut:
a.       Membuang sampah sembarangan
b.      Melanggara aturan berlalu lintas, misalnya tidak memakai helm, tidak mempunyai SIM, tidak memenuhi rambu-rambu lalu lintas serta tidak membawa STNK.
c.       Merusak fasilitasi negara, misalnya mencorat-coret bangunan tempat umum, merusak jaringan telpon dan sebagainya.
d.      Tidak membayar pajak kepada warga negara, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak kendaraan bermotor, retribusi parkir dan sebagainya.
e.       Tidak berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.


Demikian penjelasan mengenai HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP KEWAJIBAN WARGA NEGARA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: