HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP HAK WARGA NEGARA

1.      Hakikat Hak Warga Negara
Hak merupakan semua hal yang harus kita peroleh ataupun harus kita dapatkan. Hak bisa berbentuk kewenangan atau kekuasaan untuk melakukan sesuatu. Hak baru dapat diperoleh kalau kewajiban telah dilaksanakan, misalnya seorang pegawai berhak mendapatkan upah, kalau sudah melaksanakan tugas ataupun pekerjaan yang diberikan kepadanya.

HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP HAK WARGA NEGARA


Berbeda dengan Hak asasi manusia yang bersifat universal,  hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraannya. Dengan kata lain, tidak setiap hak warga negara merupakan hak asasi manusia, namun bisa dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak bagi warga negara.

Menurut Jimly Asshiddiqie dalam artikelnya yang berjudul “Membangun Budaya Sadar Berkonstitusi untuk Meweujudkan Negara Hukum yang Demokratis” (2007), hak warga negara Indonesia terdiri atas hak konstitusional serta hak hukum.

Hak konstitusional ialah hak-hak yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), sedangkan hak hukum ialah hak-hak yang timbul berdasarkan jaminan undang-undang dan peraturan perundang-undangan di bawahnya.


2.      Pelanggaran Terhadap Hak Warga Negara
Pelanggaran terhadap hak warga negara ialah segala perbuatan yang dilakukan baik oleh seseorang ataupun kelompok termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja ataupun kelainan yang secara hukum  mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi seseorang atau kelompok orang atau tidak memberikan apa yang menjadi hak warga negara yang telah dijamin oleh undang-undang serta tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanusme hukum yang berlaku.

Pelanggaran hak warga negara terjadi ketika warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh haknya sebagaimana mestinya yang ditetapkan oleh undang-undang. Pelanggaran hak warga negara merupakan akibat dari adanya pelalaian ataupun pengingkaran terhadap kewajiban baik yang dilakukan oleh pemerintah ataupun warga negara itu sendiri.

Pelanggaran terhadap hak warga negara bisa kita lihat dari kondisi yang saat ini terjadinya di negara kita misalnya:
-          Proses penegakkan hukum masih belum optimal dilakukan, misalnya masih terjadi kasus salah tangkap, perlakuan oknum aparat penegak hukum terhadap para pelanggar hukum dengan dasar kekayaan atau jabatan masih terjadi, dan sebagainya.
-          Saat ini tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di negara kita masih sangat tinggi.
-          Semakin merebaknya kasus pelanggaran Hak asasi manusia seperti pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tungga, dan sebagainya.
-          Masih adanya tindak kekerasan mengatasnamakan  agama.
-          Angka putus sekolah yang cukup tinggi.
-          Pelanggaran hak cipta, misalnya VCD/DVD bajakan, perilaku plagiat dalam membuat sebuah karya dan sebagainya.


Demikian penjelasan mengenai HAKIKAT DAN PELANGGARAN TERHADAP HAK WARGA NEGARA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: