CARA MENETAPKAN IMPIAN HIDUP

                Mengapa sebagian orang kurang termotivasi untuk belajar? Biasanya, salah satu faktornya adalah belum memiliki tujuan yang jelas. jika punya tujuan atua sasaran yang jelas, mereka pasti akan memiliki motivasi yang besar untuk belajar sehingga memiliki fokus dan arah,

                Memulai segala sesuatu dengan lebih dahulu menetapkan tujuan yang jelas adalah langkah awal yang penting. Manfaatnya tidak hanya lebih cepat tiba di tempat yang dituju, tetapi juga lebih puas karena tiba di tempat yang memang diharapkan atau diimpikan. Demikian halnya dengan hidup, ketika ingin meraih masa depan yang kita cita-citakan atau sasaran hidup yang kita inginkan agar kita dapat menikmati kebahagiaan atau kepuasan akan hal itu, sebaiknya kita harus menetapkan tujuan dengan jelas.

Cara Menetapkan Impian Hidup

CARA MENETAPKAN IMPIAN HIDUP


                bermimpi atau menetapkan impian hidup itu tidak mudah dan juga tidak mahal. Hanya dibutuhkan keberanian atau kenekadan agar bisa memiliki impian hidup yang benar-benar kita yakini menjadi fokus dan arah kita, mari lakukan latihan ini:

                Pertama, Bayangkan
Ambil waktu tenang 10 sampai 30 menit di kamar. Sediakan kertas kosong dan pena untuk menulis. Jika dibutuhkan suasana yang lebih khusyuk, matikan penerangan dan gantikan dengan lilin kecil. Baik juga jika dibantu dengan musik instrumental. Kata kuncinya adalah bayangkan. Bayangkan suasana atau keadaan yang paling kamu rindukan baik dari masa lalu, masa sekarang atau masa yang akan datang. Lalu dari bayangan itu, ambil satu bayangan terkuat yang terdapat dalam imajinasimu. Genggam erat dalam perasaan di kepalan tanganmu, setelah mengenggam bayangan itu, bukalah matamu.

                Kedua, Tuliskan
Setelah matamu terbuka, segera tuliskan bayangan terkuat tersebut pada kertas yang sudah kamu sediakan. Jika ingin memperoleh impian yang lebih kuat dan benar-benar hidup, sebaiknya tuliskan impian tersebut berulang-ulang pada kertas kosong. Kemudian bingkailah atau tempel di dinding kamarmu, agar setiap hari dibaca.

                Ketiga, Buat cerita detailnya
Untuk memperjelas gambaran impia tersebut, mulailah merangkai satu cerita pemerolehan impian itu pada masa yang akan datang. Tuliskan dengan detail. Jika yang terbayang adalah suasana bahagia, tersenyumlah. Jika yang terbayang mengharukan, jangan halangi air matamu menetes agar impian tersebut sudah menjadi realita bayanganmu pada saat ini.

                Keempat, Kumandangkan
Kata-kata merupakan bagian doa yang akan menjadi keadaan riil kita pada masa setelah kata-kata itu terucapkan. Adakalanya kata-kata itu cepat terjadi, namun adakalanya agak lama. Karena itu, ceritakanlah impian hidupmu kepada orang-orang yang menyayangimu. Kumandangkan dengan lantang, dengan jelas, dan dengan sebuah keyakinan bahwa impian tersebut akan menjadi kenyataan.
               

Kelima, Visualisasikan
Setelah langkah perta sampai keempat dilakukan,cbagian terpenting adalah menvisualisasikan impian hidup tersebut. Bawalah impian itu ke dalam doa sesuai dengan agama dan kepercayaanmu.

                Jika kita membuat sebuah impian yang besar tetapi tidak memiliki gambaran detail, risikonya adalah impian itu tidak tercapai. Impian yang punya kemungkinan sangat besar untuk tercapai haruslah memiliki kriteria berikut:

Impian yang jelas: 
Impian yang besar tetapi hanya ada di kepala cenderung tidak kesampaian. Tetapi impian yang sederhana jika ditulis dengan jelas akan cenderung tercapai. Contohnya, keinginan mendapat nilai Matematika 9 yang hanya di dalam kepala berbeda dengan keinginan mendapat nilai Matematika 9 yang dituliskan di buku catetan Matematika.

Impian yang detail: 
semakin detail impian yang kamu tulis, akan semakin bagus. Sangat berbeda tentunya, jika saya bilang bahwa saya akan menjadi Presiden dengan ucapan saya ingin jadi Presiden pada tahun 2030.

Impian besar yang dibagi menjadi bagian-bagian kecil: 
Impian yang besar tidak akna mungkin tercapai tanpa mencapai impian-impian yang kecil. Sementara impian-impian yang kecil tersebut adalah jembatan yang menghubungkan kita kepada impian yang besar. Maka urailah impian besarmu bersama impian-impian kecil.


                Dan untuk melakukan itu, kamu tidak perlu mencari-cari modal lain. Kamu tidak perlu meminta-meminta atau meminjam modal karena sesungguhnya kamu sudah memilikinya. Itu bernama otak. Sungguh sebuah keajaiban, di saat kamu berani membuat impian hidup, menuliskannya, lalu membawanya ke dalam otak bawah sadar, serta menceritakannya kepada orang terdekatmu.

Subscribe to receive free email updates: