BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA

Kita diberkati oleh Tuhan sepasang mata sebagai indera untuk melihat. Anugerah tersebut memungkinkan manusia dapat menikmati keindahan alam ini. Tapi, tahukah kamu bahwa matamu seperti kamera? Bagian-bagian kamera semuanya ada dimatamu. Manusia telah memiliki alat optik dan alat penglihatan yang maha sempurna, yaitu mata.


1.      Bagian-bagian mata

BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA


Mata manusia memiliki bagian-bagian yang hampir sangat sempurna. Berikut adalah bagian-bagian mata yang perlu kita ketahui.

a)      Kornea
Kornea merupakan bagian mata yang bersifat tembus pandang dan berfungsi sebagai pelindung mata kita. Agar tetap bening dan bersih, kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.

b)     Cairan Aquenos
Di belakang kornea terdapat cairan yang disebut cairan aquenos yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus ke lensa mata

c)      Iris
Iris atau selaput pelangi terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmen ini menentukan warna pada mata seseorang.

d)     Pupil
Pupil terdapat ditengah-tengah iris. Pupil dapat mengecil dan membesar, seperti fungsi diafragma pada kamera. Pupil dapat membuka dan menutup secara otomatis tergantung pada cahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan otomatis mengecil, sedangkan ketika gelap, pupil akan otomatis membesar.

e)      Retina
Retina merupakan bagian mata yang berbentuk selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar, tempat terbentuknya bayangan benda yang, seperti halnya sebuah pelat film pada kamera.


2.      Cara kerja mata hingga benda dapat kita lihat
Agar benda terlihat jelas oleh mata, bayangannya harus tepat jatuh di retina. Retina sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu bintik kuning yang peka terhadap cahaya dan bintik buta yang tidak peka terhadap cahaya. Pada retina terdapat banyak serabut sel saraf mata. Jika kamu melihat sebuah benda, sel-sel saraf itu akan menyampaikan ke otak mu. Oleh sebab itu, agar kamu dapat melihat benda dengan jelas, bayangan benda harus jatuh di bintik kuning mata mu.

Suatu benda hanya dapat kamu lihat apabila terdapat cahaya. Cahaya yang dipantulkan dari benda akan masuk kedalam menuju matamu melalui kornea dan dibiaskan oleh cairan di belakang kornea agar jatuh tepat pada lensa. Oleh lensa mata diatur sedemikian rupa sehingga bayangannya dapat jatuh tepat di retina. Rangsangan cahaya yang diterima oleh sel-sel indera, kemudian diteruskan menuju pusat penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Perasaan mengungkapkan bahwa kamu dapat melihat sesuatu.


3.      Penyakit pada mata.

BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA


a)      Miopi
Miopi atau rabun jauh adalah salah satu jenis penyakit pada mata yang penglihatannya tampak buram jika melihat benda-benda jauh. Hal ini disebabkan bayangan berada jauh di depan retina. Untuk menolongnya harus menggunakan kacamata berlensa cekung atau lensa negatif yang bersifat divergen

b)     Hipermetropi
Pada umumnya hipermetropi atau rabun dekat disebabkan bayangan berada jauh di belakang retina. Penyakit ini harus ditolong oleh lensa cembung atau lensa positif.

c)      Presbiopi
Presbiopi merupakan penyakit mata yang lebih banyak disebabkan faktor usia. Penyakit ini adalah penyakit yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau dekat dengan jelas. Untuk menolongnya harus digunakan kacamata lensa rangkap yang terdiri atas lensa cekung dan lensa cembung


Demikian penjelasan mengenai BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: