7 LANGKAH MENGUKIR PRESTASI DENGAN CEMERLANG

        Semua orang yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan potensi dan bakat untuk berprestasi adalah orang yang sangat beruntung. Lebih beruntung lagi orang yang mengoptimalkan potensi dan keunggulannya sehingga menjadi manusia yang berprestasi. Di saaat hal itu dimiliki, jelaslah bahwa dua kecerdasan dalam kehidupan telah dimiliki, yaitu: kecerdasan intelegensi dan kecerdasan emosional.



            Setiap pelajar memiliki potensi untuk berprestasi. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang potensial tetapi tidak pernah menjadi insan yang berprestasi. Banyak orang yang memiliki bakat terpendam tak tergali, karena dia tak tahu (atau belum mempunyai) ilmu unutk mengoptimalkannya. Setiap pelajar pasti memunculkan kekuatan tersembunyi dari dalam dirinya. Kekuatan yang tidak tampak jauh lebih besar daripada kekuatan yang tampak.

Pertama, kekuatan percepatan diri, aku adalah timer paling baik dalam hidupku
Seluruh umat manusia menerima hadiah dan jatah yang sama dari sang pencipta, yakni 24 jam dalam satu hari. Setiap waktu sangatlah beharga. Jadi, salah satu keunggulan yang dimiliki orang sukses adalah pemanfaatan waktu. Kekuatan percepatan diri mengalahkan kejeniusan. Segala bentuk kemalasan, keengganan dapat tersingkir dari diri kita jika kita memiliki kekuatan percepatan diri. Dengan terus berupaya untuk memanfaatkan detik demi detik dengan makna yang luar biasa.

            Kedua, kekuatan memilih sistem yang kondusif, dan bijaksana dalam memilih zona
Peribahasa mengatakan “pengalaman adalah guru yang paling baik”, itu sangat betul. Tetapi kita tidak perlu mengalami kegagalan jika orang lain sudah pernah menjalani dan mengalaminya. Kita bisa belajar dari kegagalan orang lain agar tidak perlu mengulang kegagalan yang sama. Jika kita belajar bersama orang-orang pembelajar yang penuh semangat, maka kita akan ikut semangat. Agar diskusi memiliki tujuan dan arah yang jelas. berdiskusi dengan orang sukses dapat membawa kita pada kondisi dimana impian hidup kita tetap menyala dalam hati dan pikiran.

            Ketiga, kekuatan mengolah hati. Hati adalah pintu pertama dan utama menuju sukses
Dalam setiap aktivitas, cita-cita, organisasi, keluarga, dan lain-lain, konflik pasti ada. Konflik bukan untuk dihindari tetapi untuk dihadapi dan dianggap sebagai tantangan untuk memperoleh kematangan. Permasalahannya adalah ada banyak terjadi kegagalan komunikasi, kegagalan hubunjgan karena ketidaksiapan hati menerima konflik serta menerima kritikan dan saran. Seorang pemikir besar dan pemimpin besar akan berupaya m,engelola hatinya: bagaimana agar ia mampu memberi penghargaan terhadap orang lain dan bagaimana memanpukannya menerima kekurangan orang lain.


            Keempat, selalu mengingat impian
Saat membuat impian-impian kecil, upayakanlah agar kamu selalu mengingat impian hidup terbesarmu. Artinya, apa pun  aktivitas kecil yang kita lakukan sebaiknya mendukung impian besar kita. Jangan biarkan dirimu melakukan aktivitas yang menjauhkanmu dari mimpi-mimpimu, atau usahakan sesedikit mungkin melakukannya.

            Ketujuh, optimis dan berdoa, percaya diri dan rendah hati

Untuk bisa menjadi pelajar yang percaya diri, mulailah dari hal yang paling sederhana yakni cara berpakaian. Penampilan yang oke akan mempengaruhi cara berpikir, berbicara, dalam menyampaikan ide-ide. Usaha yang inovatif akan memancarkan sikap optimis, namun kepercayaan diri yang lebih besar terlahir dari dalam diri, yaitu berubah sikap dan pilihan.

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: