SELEKSI ALAM: PENYEBAB KEPUNAHAN SUATU JENIS ORGANISME

Dalam proses seleksi alam, organisme yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan tetap hidup berkesinambungan. Sebaliknya, organisme yang tidak mampu menyesuaikan diri lambat laun akan mengalami kepunahan. Sebagai contoh, punahnya dinosaurus yang diduga terjadi 65 juta tahun yang lalu.

SELEKSI ALAM: PENYEBAB KEPUNAHAN SUATU JENIS ORGANISME


Dinosaurus adalah jenis binatang reptilia purba yang hidup pada zaman Mesozoikum sekitar 180 juta tahun yang lalu. Punahnya dinosaurus dan spesies hewan lain pada zaman Mesozoikum masih merupakan teka-teki sampai sekarang. Tetapi penyebab punahnya dinosaurus yang banyak diyakini oleh para ahli ialah karena terjadinya tabrakan antara bumi dengan meteor atau komet.

 Pendapat ini didukung oleh adanya fosil bebatuan berumur 65 juta tahun yang menunjukan kandungan iridium yang tinggi. Unsur ini sangat jarang terdapat di bumi, tetapi banyak terdapat pada meteorit. Hal ini menimulkan dugaan bahwa meteor meteor atau komet yang sangat besar telah menabrak bumi sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Tabrakan ini menimbulkan ledakan dahsyat yang mengakibatkan terlemparnya sejumlah besar debu ke atmosfer. Debu menghalangi cahaya matahari mencapai permukaan bumi sehingga tanaman tidak mendapat cukup energi matahari untuk memproduksi makanan. Dinosaurus yang merupakan herbivor tidak memperoleh makanan. Dinosaurus yang merupakan karnivora pun ikut punah. Dinosaurus yang hidup pada masa itu tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan sehingga mati dan punah.

Baca Juga: 

Seperti halnya dinosaurus, bukan tidak mungkin hewan dan tumbuhan yang ada sekarang akan punah di masa mendatang. Misalnya, dikhawatirkan hanya tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia yang mampu bertahan hidup karena terus dibudidayakn oleh manusia. Sebaliknya, tumbuhan yang dirasa kurang manfaatnya bagi manusia akan tersingkir hingga akhirnya punah. 

Coba kalian bandingkan antara pohon apel dan pohon kesemek. Jika kalian pergi ke pasar tentu lebih mudah menemukan buah apel dibandingkan buah kesemek bukan? Buah apel terus tersedia karena pohonnya dibudidayakan oleh manusia karena rasanya enak. Sebaliknya, buah kesemek semakin langka karena tidak dibudidayakan, sementara lahan alaminya semakin berkurang karena dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan lainnya.

SELEKSI ALAM: PENYEBAB KEPUNAHAN SUATU JENIS ORGANISME


Demikian pula halnya dengan hewan. Akhir-akhir ini banyak jenis hewan yang terancam punah sehingga statusnya dilindungi pemerintah. Misalnya, badak jawa, badak sumatra, harimai sumatra, orang utan, komodo, anoa, tapir, dan masih banyak lagi. Hewan-hewan itu menjadi langka karena ulah manusia, seperti perburuan liar dan pemanfaatan hutan sehingga habitat mereka berkurang.

Secara langsung mungkin manusia tidak merasakan manfaat dari tumbuhan dan hewan langka tersebut. Tapi coba ingat lagi tentang rantai makanan. Bukankah tiap organisme mempunyai peran penting dalam rantai makanan sehingga ekosistem di muka bumi ini dapat menjadi mantap dan seimbang? Jadi setiap organisme harus selalu kita jaga dan lestarikan. Jaya alam indonesia!

Demikian SELEKSI ALAM: PENYEBAB KEPUNAHAN SUATU JENIS ORGANISME. Semoga bermanfaat :D

Subscribe to receive free email updates: