PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA

PERBANDINGAN (perbedaan) KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA - Sebagian dari para murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sudah menginjak kelas IX mungkin sudah mulai mempersiapkan kemana mereka akan melanjutkan sekolahnya. Namun umumnya mereka akan merasa dilema dalam memilih sekolah mana yang ingin mereka tuju.

PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA
Jangankan soal sekolah mana, mungkin dalam menentukan pilihan antara Sekolah Menengah Atas (SMA)  atau Sekolah Menengah kejuruan pun mereka masih bingung.

Apalagi jika terdapat perbedaan pendapat antara murid dan orang tuanya. Misalkan, si murid ingin masuk SMA agar bisa lebih mudah melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT) dan bisa tetap bertemu dengan banyak temannya saat SMP, namun ternyata orang tuanya memiliki kemauan lain, orang tuanya menginginkan ia untuk masuk SMK agar dapat lebih cepat dalam mencari pekerjaan. Ya, dilema seperti ini sangat umum terjadi pada hampir sebagian besar murid SMP.


Tapi apa anda benar-benar tahu soal perbandingan antara SMA dan SMK? Atau hanya berdasarkan perkataan orang-orang?

Disini saya akan memberikan informasi mengenai perbandingan antara SMA dan SMK. Saya akan menjelaskan kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis sekolah tersebut.

Pertama kita akan mulai dari SMA :

Kelebihan:
 

1. Langkah tepat menuju Perguruan Tinggi
Kurikulum yang ditentukan dalam kurikulum SMA merupakan kurikulum yang dipersiapkan untuk menyiapkan para murid SMA untuk bisa menuju ke Perguruan Tinggi yang mereka inginkan.


2. Lebih mudah mendapat beasiswa Perguruan Tinggi Nasional
Kelebihan selanjutnya adalah SMA pasti mendapat kuota yang lebih dalam beasiswa ke perguruan tinggi


3. Cakupan pelajaran luas
Berbeda dengan SMK yang hanya fokus pada satu bidang keahlian, SMA memiliki pelajaran yang lebih banyak dan dalam lingkup bidang yang lebih luas. Ini karena lulusan SMA diharapkan memiliki wawasan yang luas untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi


- Kekurangan:

1. Sulit mencari pekerjaan setelah lulus SMA

Jika anda memilih SMA anda harus melanjutkan sekolah anda ke perguruan tinggi. Karena lulusan SMA hanya sedikit dibutuhkan oleh dunia kerja dibandingkan lulusan SMK


2. Banyak tugas
Murid SMA akan disibukkan oleh tugas yang sangat banyak. Ini karena kurikulum SMA dibuat untuk melatih murid dengan gaya belajar perguruan tinggi.


3. Perlu konsentrasi tinggi

Ini diharuskan karena jika anda terlalu bermain-main saat masa SMA anda maka anda akan sulit diterima di perguruan tinggi. Karenanya banyak murid SMA yang yang ikut dalam berbagai les dan bimbingan belajar.



Lalu bandingkan dengan SMK:


Kelebihan:

1. Siap bersaing didunia kerja

Umumnya pelaku dunia kerja lebih membutuhkan murid SMK daripada SMA. Ini dikarenakan siswa SMK sudah pasti lebih menguasai bidang kejuruannya. Karenanya peluang berkerja setelah lulus SMK lebih besar.


2. Memiliki pengalaman lebih dalam praktek didunia industri
Bukan rahasia umum lagi kalau SMK lebih mengutamakan praktek dibandingkan teori. Di SMK juga terdapat Praktek kerja industri yang biasanya berlangsung selama 3-4 bulan. Disana murid bisa belajar terjun langsung didunia industri


3. Menghasilkan lulusan yang siap kerja dan lebih mandiri
Di SMK anda akan difokuskan mencari peluang dalam dunia kerja. Ini tentu merupakan keunggulan tersendiri bagi SMK


Kekurangan:

1. Wawasan sempit
Ini dikarenakan murid SMK hanya akan difokuskan pada satu bidang kejuruan sehingga pelajaran lebih sempit cakupannya dibandingkan SMA


2. Sulit untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Beasiswa yang bisa anda dapatkan di SMK hanya sedikit dan umumnya hanya untuk siswa berprestasi . Dan umumnya Perguruan tinggi akan lebih memilih murid SMA dibandingkan SMK


3. Membutuhkan lebih banyak biaya
Dibeberapa SMK praktek dan ujian yang dilakukan umumnya masih dipungut biaya. Anda bula masih perlu dipusingkan dengan banyaknya kebutuhan penunjang praktek seperti laptop atau alat praktek lain.


Demikian PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA. Semoga bermanfaat untuk anda yang masih bingung :D

Subscribe to receive free email updates: