PENJELASAN PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT PADA SISTEM KOMPUTER BESERTA FUNGSI DAN GAMBARNYA

PENJELASAN PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT PADA SISTEM KOMPUTER BESERTA FUNGSI DAN GAMBARNYA - Dalam sistem komputer terdapat banyak jenis perangkat keras (hardware) yang memiliki berbagai kegunaan. Diantaranya perangkat masukan (input) dan perangkat keluaran (output). Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, contoh dan fungsi dari perangkat input dan output pada sistem komputer. Berikut penjelasnnya:

    Perangkat Input
    Perangkat input adalah jenis perangkat keras pada sistem komputer yang berfungsi untuk memasukkan data agar dapat diproses oleh komponen komputer lainnya. Perangkat input terdiri dari komponen yang dapat menerjemahkan data ke dalam bentuk biner sehingga dapat diproses oleh CPU.
Contoh perangkat input komputer:

1.    Keyboard




Keyboard merupakan hardware yang berupa papan tombol yang berfungsi memasukkan data-data berupa huruf, angka, simbol, serta tombol-tombol khusus untuk melakukan berbagai perintah yang diperlukan oleh Pengguna (user). Jenis-jenis keyboard antara lain QWERTY dan DVORAK

2.    Mouse



Mouse merupakan hardware yang dapat mengendalikan pointer pada sistem komputer untuk melakukan berbagai perintah yang diinginkan seperti left click, right click, drag, scroll, dll.

3.    Scanner



Scanner adalah hardware yang berfungsi untuk memasukkan gambar dengan cara menyalin gambar lalu menyimpannya kedalam memori komputer

4.    Joystick



Joystick merupakan hardware yang berfungsi untuk melakukan perintah tertentu yang umumnya digunakan dalam berbagai video game

5.    Touchpad



Touchpad merupakan hardware yang memiliki fungsi yang sama seperti mouse. Touchpad biasanya terdapat pada setiap laptop atau notebook. Cara kerjanya dengan melalui stimulasi sentuhan jari.

6.    Trackball



Trackball merupakan hardware yang berfungsi mensimulasikan pergerakan vertikal mouse.

7.    Light Pen



Lightpen merupkan hardware yang dapat berguna untuk mendesain gambar dengan screen.

8.    Webcam



Webcam merupakan hardware yang digunakan untuk konferensi video dari jarak jauh atau sebagi kamera pemantau.


9.    Microphone



Microphone adalah hardware yang berfungsi memasukkan suara dengan cara merekamnya dan disimpan kedalam memori komputer

10.    Barcode reader



Barcode reader adalah hardware yang berfungsi membaca kode barcode yang kemudian diterjemahkan agar dapat diproses pada CPU

    Perangkat output
Perangkat output adalah jenis perangkat keras pada sistem komputer yang berfungsi untuk  menampilkan data yang telah diproses CPU dan dibutuhkan oleh user.
Contoh perangkat input komputer:

1.    Monitor



Monitor adalah hardware yang berfungsi menampilkan data berupa teks atau gambar yang diinginkan oleh pengguna dan telah diproses dari perangkat output dan perangkat pemrosesan.

2.    Printer


Printer merupakan hardware yang berfungsi menampilkan data dengan cara mencetak ke media sejenis kertas

3.    Plotter