PENJELASAN PENGERTIAN, CIRI CIRI, CARA HIDUP DAN REPRODUKSI VIRUS


Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang Klasifikasi Makhluk Hidup. Namun tahukah kalian bahwa ada makhluk hidup yang tidak tergolong kedalam 5 kerajaan pada klasifikasi makhluk hidup? Ya, Virus tidak termasuk ke dalam kerajaan makhluk hidup. Kenapa? Temukan jawabnnya dibawah ini.

PENJELASAN PENGERTIAN, CIRI CIRI, CARA HIDUP DAN REPRODUKSI VIRUS

Virus merupakan sebuah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus tidak termasuk ke dalam kerajaan makhluk hidup, karena virus memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan ciri-ciri makhluk hidup lainnya. Virus tidak dapat diamati menggunakan mikroskop cahaya karena ukurannya sangat kecil, yaitu sekitar 0,2  mikron. Karenanya virus hanya dapat diamati melalui mikroskop elektron.

§  Ciri-ciri virus adalah sebagai berikut:

1.      Tubuh virus hanya terdiri dari protein dan asam inti (DNA saja atau RNA saja)
2.      Tubuh virus berukuran lebih kecil daripada sel
3.      Reproduksi virus terjadi dengan jalan mengkopi asam inti.

Tubuh virus hanya terdiri dari asam inti dan selubung protein. Virus tidak dapat digolongkan kedalam sel karena tidak memiliki sitoplasma dan organel. Karena tubuh virus yang demikian, ada sebagian ahli yang mengatakan virus adalah molekul yang besar. Virus dapat dikristalkan (ciri benda mati), tetapi dapat dihidupkan kembali sehingga dapat menginfeksi.

PENJELASAN PENGERTIAN, CIRI CIRI, CARA HIDUP DAN REPRODUKSI VIRUS


Bentuk virus beraneka ragam. Ada yang bulat, seperti batang, dan ada pula yang bentuknya seperti hutuf T.

§  Cara hidup
Virus tidak dapat hidup bebas di alam. Virus hanya dapat hidup secara parasit pada tumbuhan, hewan atau manusia. Yang hidup parasit pada tumbuhan misalnya, mengakibatkan penyakit mosaik pada tembakau, busuk pada sayuran, dan kematian pada jeruk. Yang hidup parasit pada hewan pada hewan misalnya, flu burung, penyakit tetelo pada ayam, serta penyakit kuku dan mulut pada ternak sapi. Yang hidup parasit pada manusia mengakibatkan penyakit mata belek, polio, influenza, hepatitis, gondong, cacar, demam berdarah dan AIDS.

Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus adalah penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome – sindrom runtuhnya kekebalan tubuh) disebabkan oleh infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV menyerang sel darah putih yang memproduksi zat kekebalan (antibodi). Akibatnya, tubuh penderita mudah terserang penyakit lain. Hingga saat ini, AIDS belum ditemukan obat dan penangkalnya.

§  Reproduksi Virus
Cara virus berkembang biak berbeda dengan cara berkembang biak makhluk hidup. jika menginfeksi sel, virus memasukkan asam intinya ke dalam sel inang. Selanjutnya asam inti itu memperbanyak diri di dalam sel inang sehingga sel inang menjadi rusak. Kemudian virus akan keluar menjadi sel inang.


Subscribe to receive free email updates: