MATERI KEPEMIMPINAN : “GAYA KEPEMIMPINAN”


Apa yang bisa Anda lihat dari kedua perbandingan diatas? Sebagian dari anda pasti bingung dan bertanya-tanya “Seperti apa pemimpin yang sebenarnya diinginkan orang-orang?” atau mungkin bertanya “Bagaimana agar bisa menjadi pemimpin yang tidak dibenci orang?”.

Pada kenyataannya tidak ada satupun pemimpin yang tidak pernah dibenci. Baik oleh golongan mayoritas maupun minoritas, baik oleh kelompok maupun individu, baik oleh sebagian besar atau sebagian kecil. Pertanyaannya, “Kenapa itu bisa terjadi?  Kenapa semua pemimpin didunia ini memiliki pembenci atau bahasa kerennya “haters”?  bahkan Nabi Muhammad SAW pun memiliki haters bukan?”


Jawabannya karena tidak ada pemimpin yang bisa sesuai dengan SEMUA harapan bawahannya, karena semua orang yang ia pimpin pasti memiliki pendapat, pikiran dan pandangan masing-masing yang berbeda-beda. Mengapa saya bisa berkata seperti itu? Saya mengibaratkan memilih pemimpin seperti memilih sepatu disebuah toko sepatu, bagi Anda mungkin sepatu itu bagus tampilannya dan ukurannya pas di kaki anda, namun bagi orang lain belum tentu bukan? Sebagian orang lain mungkin tidak menyukai tampilannya ataupun tidak pas ukurannya dengan kaki mereka. Begitu pula pemimpin, mungkin dihati anda pemimpin itulah yang terbaik, namun belum tentu dihati orang lain bukan?.



Bagaimana? Apa yang anda rasakan setelah membaca kutipan diatas? Apa membuat anda menjadi ciut untuk menjadi pemimpin? Atau malah membuat anda semakin tertantang untuk menjadi pemimpin?
   
Sebenarnya dalam menjadi pemimpin anda tidak harus menjadi seperti apa yang orang-orang harapkan, cukup menjadi seperti yang diri anda sendiri inginkan. Temukanlah bagaimana gaya kepemiminan anda sendiri. Untuk menemukan gaya kepemimpinan sendiri, pertama anda wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan diri anda.


Namun apa anda tau apa itu kepemimpinan? Menurut wikipedia Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.  Jika diubah dalam bahasa yang lebih mudah kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi pengikutnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kepemimpinan sangat penting dalam karir seorang pemimpin. Sebut saja Ir. Soekarno, tokoh proklamator kemerdekaan RI merupakan seorang yang sangat karismatik dalam memimpin. Ia mampu menciptakan banyak ide-ide  dan gagasan baru dalam kepemimpinannya. Selain itu ia juga sangat tegas dalam setiap keputusannya. Hal itu membuat ia sangat disegani baik oleh bangsa Indonesia maupun bangsa lainnya.

Jadi dalam menjadi pemimpin anda sangat perlu menemukan gaya kepemimpinan anda sendiri, namun anda harus konsisten dalam hal ini. Jangan pernah anda merubah gaya kepemimpinan anda dengan drastis dalam sekejap, hal ini akan membuat anda dicap sebagai pemimpin yang labil dan tidak memiliki pendirian. Gaya kepemimpinan anda tidak harus sama seperti orang lain. Jangan karena orang lain dapat sukses dengan gaya kepemimpinan itu anda berpikir anda pun bisa melakukannya.

Perhatiakan situasi dan kondisi pengikut anda. Anda harus bertanya kepada diri anda “Apakah kepemimpinan seperti ini cocok untuk pengikut saya?” bukan “Apakah kepemimpinan yang pengikut saya inginkan?”. 


Ingat! Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan kelebihan dan kekurangan anda baru menemukan gaya kepemimpinan yang cocok untuk anda dan pengikut anda. 

Jika setelah anda menemukan gaya kepemimpinan anda banyak terdapat pro dan kontra, abaikan! Ingat semua hal butuh adaptasi, pengikut anda bukanlah seekor bunglon yang dengan cepat dapat merubah warna kulitnya untuk beradaptasi.

Sebagian dari mereka akan mengamati gaya kepemimpinan anda, jika dirasa itu berhasil mereka akan baru mau menerima anda.

Jadi ingat! Temukan gaya kepemimpinan Anda dan jadilah seperti apa yang anda inginkan dan pengikut anda butuhkan. Be Yourself !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MATERI KEPEMIMPINAN : “GAYA KEPEMIMPINAN”"

Posting Komentar