CARA MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN, KONDUSIF DAN EFEKTIF

Mungkin sebagian guru maupun pemberi materi sering bertanya-tanya “Bagaimana agar suasana dalam kelas terasa lebih menyenangkan dan kondusif” atau mungkin bertanya “Bagaimana agar suasana belajar mejadi lebih efektif ?”. 

CARA MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN, KONDUSIF DAN EFEKTIF

Ya suasana belajar yang seperti itu sangat penting dalam membantu mempercepat proses pembelajaran para murid. Namun beberapa orang mungkin masih bingung bagaimana cara mewujudkan itu semua. Hingga akhirnya hanya monoton dengan cara-cara biasa seperti metode pemberian materi lalu pemberian latihan soal.

Cara tersebut lama kelamaan hanya akan membuat murid bosan dan tidak dapat menumbuhkan semangat belajar murid. Bayangkan saja, apa yang anda rasakan jika setiap hari anda makan dengan menu yang sama, apa yang anda rasakan? Bosan bukan? Pasti nafsu makan anda lama-kelamaan menurun bukan? Itu berlaku pula dalam pembelajaran.

Mungkin diawal murid anda akan terasa biasa saja, namun lama kelamaan pasti akan bosan. Apalagi jika pembelajaran terjadi dihari yang tidak berdekatan seperti bimbingan belajar pada hari senin, rabu dan sabtu saja.  

Jika sudah jadwalnya seperti itu dan materi anda membosankan, saya bisa jamin murid anda akan ogah-ogahan dalam belajar. Berikut akan saya jelaskan sedikit tips menciptakan suasan pembelajaran yang menyenangkan, kondusif dan efektif: 

1. Jangan berikan materi yang monoton

Hal ini adalah salah satu faktor yang membuat para murid merasa bosan. Biasanya para pemberi materi hanya fokus terhadap pemberian materi seperti penjelasan dan latihan soal. Padahal sesekali perlu ada sedikit “hiburan” dalam pembelajaran.


Anda perlu sesekali memberikan sedikit games pada murid anda namun yang tetap berkaitan dalam pembelajaran. Ini perlu dilakukan agar tercipta suasan yang menyenangkan dalam pembelajaran. Dalam banyak penelitian membuktikan suasana hati yang senang dapat membuat proses pembelajaran semakin mudah dipahami.

2. Pacu murid untuk lebih aktif

Banyak cara agar bisa memacu murid untuk lebih aktif. Anda bisa mencoba sesekali memberikan tanya jawab secara lisan. Coba untuk memberikan tanya jawab yang sedikit mengejutkan murid anda, ini akan melatih mereka untuk berpikir lebih kritis.


Atau anda bisa memberitahu mereka bahwa akan ada sesi tanya jawab setelah penjelasan materi, ini akan membuat murid anda berusaha mendengarkan apa yang anda bicarakan agar mereka bisa menjawab saat sesi tanya jawab nanti.

3. Coba berikan perhatian lebih kepada semua murid

Ada anggapan yang mengatakan jika anda ingin menjadi murid yang dikenal oleh guru anda, anda harus bisa menjadi murid yang “paling”, baik itu paling pintar, paling bodoh, paling rajin, palaing malas, dll. 

Coba untuk hilangkan anggapan itu! Berikan perhatian bukan hanya kepada murid yang “paling” saja namun kepada murid yang biasa-biasa juga. Coba saat memberikan latihan soal anda berkeliling kelas dan berusaha berkomunikasi pada siswa yang biasa-biasa saja. Itu akan membuat murid itu merasa diperhatikan dan dapat menumbuhkan semangat belajar mereka.

4. Optimalkan pembelajaran berkelompok

Dalam pembelajaran berkelompok anda dapat melihat murid mana saja yang lebih menonjol dibandingkan yang lainnya.

Namun itu akan menciptakan ketergantungan pada murid tersebut. Coba untuk memberikan kendali kelompok pada murid yang kurang menonjol. Ini akan membuat semua murid lebih berpartisipasi dalam kelompoknya. 

5.Pacu murid untuk lebih berani mengeluarkan pendapat mereka sendiri

Dalam sesi tanya jawab anda bisa menyelipkan beberapa pertanyaan logika yang memaksa murid anda untuk mengeluarkan pendapat mereka masing-masing. Setelah seseorang murid menjawab, perintahkan murid lain untuk memberikan tanggapan atas pendapat murid pertama tadi. 

Umumnya akan muncul perdebatan disini. Ingat! Jangan sampai perdebatan membuat suasana jadi tidak kondusif.

6. Sesekali berikan hadiah


Cara ini sangat saya rekomendasikan. Anda bisa sesekali memberikan mereka kuis atau sejenisnya pada murid anda. Anda dapat menjanjikan hadiah bagi yang berhasil menjawabnya. Ini akan sangat menambah semangat belajar murid anda dan memotivasi mereka.

Demikian tips yang dapat saya berikan. Ingat! Hanya loyalitas yang dapat menciptakan totalitas!

Subscribe to receive free email updates: